Reshuffle Kabinet, Jatah PAN Belum Jelas?

Siti Zuhro (foto: Ist)
Iklan

JAKARTA, WOL – Pengamat Poltik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai tidak menutup kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakomodasi PAN jika reshuffle kabinet jilid II terjadi.

“PAN sudah mendukung dan bergabung. Cuman yang belum jelas berapa kursi akan diperoleh,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (30/3).

Menurutnya, akan ada kekecewaan di kubu PAN jika Jokowi tidak mengakomodasi. Apalagi jika Jokowi lebih memilih menarik kader dari partai yang bergabung menyusul PAN di antaranya Golkar.

“Akan ada kekecewaan politik kalau Jokowi tidak mengakomodasi PAN. Karena dukungan PAN dilakukan langsung dengan Jokowi, bukan dengan PDIP,” ujarnya.

Ia menambahkan bila memang ada perombakan kabinet semestinya dilakukan secara seksama dengan mengevaluasi secara serius kinerja masing-masing menteri.

iklan

“Apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau justru tidak prospektif karena tudak kompeten atau hanya malah membuat kepercayaan publik pada pemerintah menurun,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan, isu reshuffle kabinet jilid II semakin santer didengungkan. Setelah menyatakan bergabung ke koalisi partai pendukung Jokowi, PAN ikut berjuang mengawal kebijakan pemerintah. Namun, sampai saat ini belum ada titik terang PAN akan ditarik masuk kabinet.

Kabar berhembus, ada tiga kader yang sudah di radar untuk masuk kabinet. Mereka adalah Eddy Suparno, Taufik Kurniawan dan Asman Abnur.(inilah/data1)

Iklan