Pemprovsu Harapkan SPI Tingkatkan Profesionalisme Advokat

WOL Photo

MEDAN, WOL – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mengharapkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Serikat Pengacara Indonesia (SPI) Sumatera utara dapat mendorong peningkatan profesionalisme advokat di Sumatera Utara.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Hasban Ritonga, pada Acara Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Serikat Pengacara Indonesia (DPD SPI) Provinsi Sumatera Utara di Danau Toba Hotel Internasional Medan, Senin (21/3) malam.

Menurutnya, SPI sebagai wadah para advokat dapat mendorong anggotanya untuk terus mengembangkan keahlian dan keterampilan agar semakin profesional dan berkualitas. Advokat yang profesional adalah pengacara mematuhi kode etik profesi dan tidak hanya berorientasi pada materi semata.

Plt Gubsu mengatakan dewasa ini ada kecenderungan bahwa hukum bukan lagi sebagai panglima dan sudah menjadi komoditas yang dapat diperjualbelikan.

“Hukum bahkan seolah-olah sesuatu yang biasa dipermainkan sesuka hati padahal essensi hukum merupakan sesuatu yang pasti dan adil,” ujarnya.

Advertisement

Kondisi tersebut merupakan sebuah realitas yang perlu mendapat perhatian SPI dengan terus mendorong peningkatan kualitas advokat dan profesionalisme.  SPI menurutnya strategis dalam melakukan revitalisasi peran pengacara dalam pemberdayaan hak-hak hukum masyarakat.

“Pengurus dan para Advokat yang bergabung dalam Serikat Pengacara Indonesia Sumatera Utara merupakan unsur penegak hukum dan keadilan ditengah-tengah masyarakat, bangsa dan Negara sehingga sangat diperlukan ketaqwaan kepada Tuhan dan menggunakan hati nurani, kecermatan serta kehati-hatian dalam menata bahkan mengorganisir para anggota untuk mencapai tujuan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu mengharapkan kepada para Advokat dalam  organisasi SPI agar tetap menjalin tali persaudaraan dan kekompakan dalam rangka memberikan sumbangan pemikiran untuk pembangunan dan kemajuan hukum nasional dan pembangunan serta kemajuan Provsu.

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum Serikat Pengacara Indonesia Trimedya Panjaitan, Anggota Komisi III DPR RI DR Junimart Girsang, Wakapoldasu Brigjen Adi Prawoto, Ketua Dewan Pengurus Daerah Serikat Pengacara Indonesia Sumatera utara Porman Naibaho SH dan Ketua Panitia Parlindungan Sipahutar serta undangan lainnya.

Sebelumnya Anggota Komisi III DPR-RI Junimart Girsang mengatakan agar Pengurus yang baru dilantik dapat membina hubungan yang baik pada setiap institusi dan pada internal SPI. Dia berharap segenap unsur pengurus dapat menciptakan kenyamanan, membina persatuan dan menghindari pertengkaran.

“SPI harus betul-betul mandiri, tidak boleh diintervensi dengan karakter membela keadilan tanpa bayaran bagi masyarakat yang tidak mampu,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua terpilih DPD SPI Sumatera Utara periode 2016-2020, Porman Naibaho, mengatakan bahwa Kepengurusan yang diembannya pada periode III akan berusaha memberi bantuan hukum  kepada masyarakat.

“Kita akan berupaya menegakkan hukum bagi masyarakat serta memperhatikan kesetaraan gender sesuai AD dan ART serta mendirikan SPI di seluruh Kabupaten/ Kota Sumatera Utara,” ujarnya.(wol/rdn/data1)

Editor: SASTROY BANGUN