Dishub Ajukan Perda Baru Soal Lalin

foto: istimewa

MEDAN, WOL – Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat, mengungkapkan untuk mengatasi kemacetan yang disebabkan menjamurnya parkir liar. Pihaknya telah mengajukan Ranperda Penyelenggaraan Lalu Lintas Sebagai Perubahan Perda No.2 Tahun 2014 ke DPRD Medan.

Saat ini, Ranperda tersebut sudah memasuki tahap pembahasan. Dan besar harapannya Ranperda ini segera disahkan, agar lalu lintas di Kota Medan dapat tertata dengan baik.

“Ranperda itu sudah kita masukkan tahun 2015 dan telah dilakukan pembahasan. Dalam Ranperda yang kita ajukan itu, ada satu poin yang berkaitan dengan parkir. Ada tindakan yang bisa kita lakukan seperti di Jakarta maupun kota-kota lain. Selain menggembosi, mereka juga sudah berani menggerek kenderaan bermotor yang parkir sembarangan. Apabila Ranperda ini sudah disahkan menjadi Perda, Dishub Medan pun akan melakukan seperti itu,” tegasnya, Senin (21/3).

Renward mencontohkan, banyak pengelola parkir tepi jalan yang memanfaatkan trotoar sebagai lokasi parkir sepeda motor. Jika Ranperda itu sudah sah menjadi Perda, tim yang turun kelapangan akan bertindak sesuai aturan dan akan menggembosi sepeda motor tersebut, termasuk roda empat yang melanggar aturan.

“Untuk P-APBD Tahun 2016, kita sudah anggarkan untuk pembelian jaring dan mobil derek yang lebih modern seperti di Jakarta. Saya yakin hal ini akan menimbulkan efek jera bagi pengendara kenderaan bermotor yang parkir sembarangan,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Advertisement

Editor: SASTROY BANGUN