Wacana Deponering Kasus Samad dan BW, DPR: Kita Tolak!

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa (foto: Ist)

JAKARTA, WOL – Komisi III DPR menolak pemikiran Kejaksaan Agung yang ingin mendeponering kasus dua mantan pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

“Kita tolak,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J. Mahesa usai rapat internal komisi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/2).

Desmond beralasan, Kejaksaan tak punya alasan mengesampingkan kasus Samad dan BW. Alasannya, dua orang itu tak lagi menjabat sebagai pimpinan KPK.

Malah, kata Desmond, deponering bisa menyudutkan kerja kepolisian yang sudah mengusut kasus tersebut. “Ditambah catatan, yang dulu saat mereka jadi komisioner KPK mereka menantang tidak bersalah dan akan membuktikan di pengadilan. Kok sekarang kesannya mereka takut,” ujar Desmond.

Ketua Komisi III Bambang Soesatyo mengatakan, penolakan deponering terhadap BW dan Samad disepakati seluruh fraksi di Komisi III dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan, kata Bambang, adalah tidak ada kepentingan umum yang memaksa diterbitkannya deponering dalam kasus ini.

Advertisement

“Sehingga kami merekomendasikan ke pimpinan DPR, mengembalikan ke kejaksaan, apa yang disampaikan Jaksa Agung adanya demi kepentingan umum,” tukasnya.(metrotvnews/data2)