TPL Kembangkan Bibit dengan Teknologi Ramah Lingkungan

WOL photo/caessaria indra diputri

MEDAN, WOL – Selain melakukan mengembangkan bibit Eucalyptus sebagai bahan baku untuk pembuatan bubur kertas, PT Toba Pulp Lestari, Tbk juga mengembangkan bibit lima pohon unggulan di kawasan operasional perusahaan tersebut. Kelima pohon unggulan tersebut antara lain haminjon (kemenyan), andaliman, jeruk nipis, cemara gunung, dan sirsak.

Manager Humas PT Toba Pulp Lestari Tagor Manik, Sabtu (27/2), mengatakan bahwa pembibitan ini dilakukan bukan untuk tujuan komersil, melainkan didistribusikan kepada masyarakat.

“Pembibitan ini dilakukan karena Toba Pulp ingin mengembangkan bibit-bibit tersebut dengan proses teknologi namun tetap ramah lingkungan,” kata Tagor seraya menyebutkan proses pengembangan tersebut menggunakan metode wadah tube (tiup).

Lebih lanjut ia mengatakan, pembibitan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Toba Pulp Lestari sebagai wujud pelestarian lingkungan.

Saat ini Toba Pulp telah menghasilkan 3.000 bibit Haminjon setiap bulannya. Namun jumlah ini ditargetkan akan meningkat menjadi 5.000 bibit per bulan.

Advertisement

“Proses pembibitan kita lakukan di kawasan Nursery Toba Pulp Desa Sosor Ladang Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir,” tutupnya.(wol/cza/data3)

Editor: SASTROY BANGUN