TPL Hasilkan 3.000 Bibit Haminjon Per Bulan 

WOL Photo/Caessaria indra diputri

PORSEA, WOL – PT Toba Pulp Lestari Tbk berhasil membudidayakan bibit pohon Haminjon (Kemenyan) di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri. Sebagai bukti, PT Toba Pulp Lestari menghasilkan 3.000 bibit kemenyan setiap bulan.

“Sejak tahun 2012, kita mengembangkan budidaya bibit kemenyan yang dipusatkan di Nursery Toba Pulp. Pembudidayaan bibit ini diperoleh dari pohon unggulan,” terang Manager Humas PT Toba Pulp Lestari Tagor Manik, Jumat (26/2).

Selain mencetak bibit, PT Toba Pulp Lestari juga membagikan bibit tersebut kepada masyarakat sekitar agar mereka ikut menanam dan melestarikan tanaman kemenyan. Selama ini, kemenyan tumbuh secara alami di Provinsi Sumatera Utara dan menjadi sumber mata pencaharian petani.

Tagor mengakui getah pohon kemenyan memiliki nilai yang cukup tinggi di pasaran.

“Untuk kualitas terendahnya dihargai Rp200.000 per kilogram. Sedangkan kualitas terbaik bisa mencapai Rp500.000 per kilogram,” katanya.

Advertisement

Mengetahui keberadaan kemenyan ada di konsesi perusahaan dan telah menjadi sumber mata pencaharian petani, maka TobaPulp berkomitmen untuk memelihara dan melindunginya. Tagor menambahkan, ke depan TobaPulp akan meningkatkan kembali pembibitan kemenyan.

“Kita targetkan bisa menghasilkan 5.000 bibit kemenyan per bulannya,” cetus Tagor.(wol/cza/data2)

Editor: SASTROY BANGUN