Parkindo Medan Gelar Turnamen Futsal Peringatan Amir Sjarifuddin

WOL/Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Organisasi kemasyarakatan Partisipasi Kristen Indonesia (Parkindo) Cabang Medan menggelar turnamen futsal sebagai bentuk kampanye atas penetapan mantan Perdana Menteri tahun 1947-1948 Amir Sjarifuddin Harahap.

Ketua Tim Pelaksana Parno Mahulae menjelaskan bahwa pertandingan dilangsungkan mulai tanggal 26-28 Februari 2016.

Pada acara pembukaan, yang dihadiri sekitar para pemuda turut memberikan tanda tangan pada petisi gerakan mendukung penetapan tersebut. Petisi tersebut akan dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai bentuk aspirasi masyarakat.

“Sesuai agenda, hal petisi akan kita teruskan sebagai pertimbangan pemerintah,” ujarnya, Sabtu (27/2).

Sementara itu, Ketua Mandataris Pembentukan Dewan Pimpinan Cabang Partisipasi Kristen Indonesia Cabang Medan Ruben Panggabean mengapresiasi kehadiran tim yang bertanding. Serta mengajak agar masyarakat dapat bersatu dalam menyuarakan aspirasi tersebut.

iklan

Menurutnya aspirasi penetapan Amir sebagai pahlawan merupakan gejala bertumbuhnya demokrasi secara baik.

“Artinya, negara tidak dikuasai oleh satu kelompok arus pemikiran semata namun beragam pemikiran. Kedua, bahwa sejarah mencatat Amir jelas berkontribusi dalam proses pembentukan nation (identitas bangsa sebagai negara merdeka) melalui perjuangan melawan kolonial Jepang. Selanjutnya, posisinya pada saat pasca proklamasi kemerdekaan merupakan aktor yang memiliki peran pada proses awal pembentukan republik,” katanya.

Oleh karenanya, melalui event olahraga futsal “Amir Sjarifuddin Harahap Cup 2016 ” diharapkan selangkah demi selangkah dapat menjadi bagian dalam suatu perjuangan bersama yang akan mencapai tujuan penetapan pahlawan nasional kepada sosok Amir. Selain itu kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya konsolidasi baik secara internal dan lingkungannya.(wol/cza/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

 

Iklan