Obama Terbuai Keutuhan Warriors

AP

WASHINGTON, WOL – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menerima kunjungan juara bertahan NBA, Golden State Warriors, di Gedung Putih, Jumat (5/2). Obama juga bergurau dengan bintang Warriors, Stephen Curry.

Obama memang sudah lama dikenal sebagai penggemar bola basket. Agustus lalu, Obma bahkan sempat bermain golf bersama Curry dan ayahnya, Dell, yang juga mantan pemain NBA. Saat menerima rombongan Warriors, Obama pun menanyakan kabar putri Curry, Riley. Pasalnya, Riley pernah mencuri hati publik kala mendampingi ayahnya dalam konferensi pers sesaat keberhasilan Warriors menjadi juara NBA.

“Saya tadinya berharap Riley Curry bersama saya di podium,” kata Obama sambil tersenyum.

Tak lupa, Obama juga memuji pelatih Steve Kerr. Sebagai pemain, Kerr pernah membela tim kesayangan Obama, Chicago Bulls. Semasa aktif bermain, Kerr pernah meraih lima cincin NBA, termasuk tiga bersama Bulls pada 1996-1998. Sisanya didapat bersama San Antonio Spurs.

“Saya jarang sekali menerima para pemain dari tim terbaik dalam sejarah NBA. Beruntung, kami kedatangan satu dari para pemain terbaik tersebut di Gedung Putih,” puji Obama sambil melirik ke arah Curry dan Kerr.

Advertisement

Musim lalu, Warriors mengalahkan Cleveland Cavaliers dan kini memiliki rekor fantastis dalam usahanya mempertahankan gelar. Hingga 49 pertandingan, Warriors menang 45 kali dan baru empat kali kalah.

“Sangat indah rasanya menyaksikan cara Warriors bermain. Cara mereka mengoper, melempar, memasukkan bola hingga bertahan dan menyerang benar-benar menggambarkan sebuah tim yang bekerja sama mencapai satu tujuan, kemenangan. Memang begitulah bola basket hendaknya dimainkan, yakni satu kesatuan tim yang utuh dan saling percaya,” papar Obama.

Setelah beberapa kali bersenda gurau dengan Curry dan pemain plus tim pelatih lainnya, Obama mendapat hadiah jersey Warriors bernomor 44. Adapun angka 44 tersebut menggambarkan Obama sebagai Presiden AS ke-44.

Presiden yang sudah memasuki akhir masa jabatan keduanya sebagai orang nomor satu di Negeri Paman Sam juga mendukung ambisi Warriors menyamai atau memecahkan rekor Chicago Bulls pada musim 1995-1996. Kala masih diperkuat Michael Jordan, Scottie Pippen dan juga Kerr sebagai shooter andalan pelatih Phil Jackson, Bulls menuai rekor 72-10.(wol/usatoday/nba/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL