KNPI Dituding Tak Mampu Memayungi OKP

Antara
Iklan

MEDAN, WOL – Tokoh Masyarakat Sumatera Utara, Jumiran Abdi menyayangkan ketidakmampuan Komite Nasional Pemuda Indonesia sebagai wadah perkumpulan organisasi kepemudaan untuk menyatukan OKP. Ia berpendapat, bentrok antar dua OKP yang terjadi di Kota Medan beberapa hari yang lalu disebabkan kurangnya komunikasi sehingga memunculkan kesalahpahaman.

“Komunikasi itu penting untuk memperkuat solidaritas dan soliditas antar kader OKP. KNPI sebagai wadah pemersatu OKP kurang berperan dalam menjembatani mereka,” tutur Jumiran dalam kegiatan talkshow, Selasa (2/1).

Hal senada juga diungkapkan Sekjen DPP Ikatan Pemuda Karya (IPK), Arfan Maksum Nasution juga kecewa terhadap ketidakmampuan KNPI untuk memayungi OKP. “Sekarang KNPI saja sudah ada dua,” imbuhnya.

Terkait peristiwa kericuhan yang menyebabkan Kota Medan dalam suasana mencekam itu, Arfan mengakui bentrokan yang menimbulkan korban jiwa tersebut sebagai musibah sosial yang seharusnya tidak pernah terjadi di antara sesama anak bangsa.

Menurut Arfan, pemerintah tidak perlu malu meniru pola lama seperti mengadakan kemah pemuda atau aktivitas Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang dianggap dapat menyatukan dan menimbulkan kekompakan antar pemuda.(wol/cza/data1)

iklan

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan