Jumlah PKH 2016 Ditarget 6.000.000 Keluarga

Ilustrasi
Iklan

BALIKPAPAN, WOL – Pemerintah pusat berencana memperluas cakupan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi enam juta penerima di tahun 2016. Penambahan dana bantuan sosial dianggarkan dari APBN Perubahan 2016.

Rencana tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat meninjau tiga keluarga PKH di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ia melihat penerima PKH belum merata di daerah.

“Yang sekarang ini tercover PKH baru 3,5 juta keluarga. Oleh karena itu, rumah ini dapat, sebelah rumahnya eligible, tapi belum dapat karena baru 3,5 juta keluarga. Tahun ini diperluas menjadi 6 juta keluarga,” kata Khofifah di Balikpapan, Jumat (26/2).

Khofifah menekankan, keluarga pendamping bisa mendata jika ada yang memenuhi kriteria keluarga sebagai penerima PKH. “Saya berpesan untuk pendamping yang berdekatan dan memenuhi kondisinya, dipastikan mereka dimasukan sebagai prioritas penerima PKH 2016,” jelas Khofifah.

Khofifah menjelaskan, keluarga penerima yang baru didaftarkan akan menerina dana bantuan sosial pada bulan Juni-Juli setelah APBN Perubahan 2016 cair. “Yang sudah dikunjungi tadi, Maret minggu ketiga dapat pencairan tahap pertama (APBN 2016),” ungkap Khofifah.(metrotv/data2)

iklan
Iklan