Gubernur Aceh Minta Tingkatkan Pelayanan Publik

foto: kompasiana.com

BANDA ACEH, WOL – Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah meminta instansi pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan publik. Kualitas pelayanan publik, katanya, merupakan tolak ukur dalam menilai keberhasilan program reformasi birokrasi yang dilaksanakan Pemerintah.

Pihak yang paling berwenang menilai dan mengawasi hal itu adalah Ombudsman. “Dalam menjalankan tugasnya, Ombudsman memiliki kewenangan memeriksa, meminta klarifikasi, melakukan supervisi, dan bahkan memanggil aparat pemerintah yang diduga melakukan kesalahan dalam pelayanan publik,” kata Gubernur, Zaini, Rabu (03/2).

Dengan kewenangan itu, peran Ombudsman sangatlah strategis dalam mendorong terciptanya tata pemerintahan yang baik.

“Saya sendiri akan senantiasa memperhatikan hasil evaluasi Ombudsman Aceh terkait kinerja SKPA di daerah ini, sebab saya percaya, evaluasi Ombusdman sangat independen dan rekomendasinya bebas dari kepentingan apapun, selain kepentingan rakyat,” ujar Gubernur Zaini.

Zaini menyampaikan hal ini juga sehubungan dengan penyerahan penghargaan kepada 15 instansi yang dinilai Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Aceh, berkinerja baik dalam melayani publik sepanjang tahun 2015, yang berlangsung kemarin, Selasa (02/2).

Advertisement

Ia berharap  penghargaan tersebut bisa menjadi pendorong bagi jajaran pemerintahan  di Aceh agar terpacu untuk terus meningkatkan pelayanan publik.

Pengawasan layanan publik oleh Ombudsman atas lembaga pemerintahan, BUMN dan swasta, diapresiasi oleh Gubernur Aceh. “Apresiasi saya sebagai kepala Pemerintahan Aceh kepada Ombudsman yang telah menilai dan memberi penghargaan kepada lembaga Pemerintahan yang dianggap telah menjalankan pelayanan publik dengan baik,” kata Gubernur.

Berkat penilaian itu, menurutnya kini SKPA dan SKPK semakin terpacu meningkatkan kinerjanya. Jika Ombudsman Aceh kembali melakukan penilaian yang sama untuk kategori tersebut tahun ini, bisa jadi akan banyak lagi lembaga SKPA dan SKPK yang berada pada zona hijau dalam hal pelayanan publik.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN