Dispora Medan Buat Terobosan Identifikasi Bakat Atlet

foto: Waspada
Iklan

MEDAN, WOL – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan membuat terobosan baru sebelum melakukan pembinaan terhadap atlet pelajar. Terobosan dimaksud adalah identifikasi calon atlet pelajar yang akan dibina.

Selain menggelar identifikasi, Dispora Medan juga sekaligus mengadakan kompetisi olahraga pelajar pada Maret mendatang. Kedua kegiatan ini merupakan cara mencari atlet pelajar berbakat yang akan dibina dan dikirim mengikuti berbagai kejuaraan.

“Dua kegiatan ini juga seleksi atlet menuju Pospedasu dan Popdasu pada Mei dan Juli 2016,” ujar Kadispora Medan melalui Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Drs H Azam Nasution, Minggu (14/2) kemarin.

Menurut Azam didampingi Ketua Panitia Mangasi Simangunsong, identifikasi bakat calon atlet penting dilakukan agar tidak salah dalam pembinaan. Pasalnya, selama ini banyak guru olahraga memaksakan siswanya menekuni satu cabang olahraga, tapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan bakat si atlet.

“Nah, melalui identifikasi ini, kita akan melihat bakat atlet ada di olahraga apa? Proses ini akan melibatkan tenaga ahli dari Jakarta dan Unimed,” jelasnya.

iklan

Sedangkan kompetisi olahraga merupakan lanjutan program Dispora Medan yang sudah berlangsung salama ini. Hanya saja untuk tahun ini dipercepat, karena merupakan seleksi menghadapi Popdasu 2016.

Kompetisi pelajar ini akan mempertandingkan enam cabang olahraga, yakni gulat, karate, bulutangkis, tenis meja, pencak silat, atletik, dan sepakbola. Khusus sepakbola, pihaknya menghambil tim yang masuk delapan besar LPI Medan 2015.

Bagi sekolah atau klub yang ingin ambil bagian bisa mendaftar di Kantor Dispora Medan Jalan Ibus Raya, Medan Petisah. Pendaftaran dibuka mulai Senin (15/5) ini.(wol/aa/wsp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan