2.000 Personel Gabungan Amankan Pelantikan 15 Kepala Daerah

Sejumlah personel Brimob Polda Sumut melakukan persiapan pengamanan pelantikan kepala daerah terpilih besok Rabu (17/2), di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (16/2). Sejumlah persiapan lokasi pelantikan dan pengamanan terus dilakukan untuk pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2015 di Sumatera Utara. (WOL Photo/Ega Ibra)

MEDAN, WOL – Sebanyak 2.000-an personel gabungan dari Polri dan TNI serta dilengkapi dengan petugas dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP akan melakukan pengamanan pada pelantikan 15 bupati/wali kota dari berbagai wilayah Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (16/2) sekira pukul 09.00 WIB.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menjelaskan, personel gabungan itu terdiri petugas Polresta Medan, TNI, Dishub dan Satpol PP. Sedangkan Polda Sumut hanya mem-back up pengamanan yang dilakukan secara terbuka (pakaian dinas) dan tertutup (pakaian sipil/preman) tersebut.

Nainggolan mengungkapkan, pelantikan ini hanya dilakukan bagi 15 bupati/wali kota di Sumut. Sedangkan 8 kepala daerah lainnya belum dilaksanakan karena belum adanya Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Dijelaskannya, dari 23 daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten/kota di Sumut, 22 di antaranya telah diputuskan KPU pemenangnya, sedangkan Pilkada Pematang Siantar ditunda. Pelantikan itu sekaligus pengukuhan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Sukran Jamilan Tanjung.

Menurut Nainggolan, pelantikan itu dilakukan oleh Plt Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi atas nama Mendagri. Masing-masing daerah diperbolehkan membawa pendukung/simpatisan sebanyak 100 orang dari setiap daerahnya.

Advertisement

“Masing-masing daerah yang bupati/wali kotanya dilantik besok, disuruh membawa makanan dan kuliner karena setelah pelantikan akan digelar hiburan rakyat,” kata Nainggolan.

Adapun 15 kepada daerah yang akan dilantik masing-masing, Wali Kota Medan, Wali Kota Sibolga, Walikota Tanjung Balai, Wali Kota Binjai, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Bupati Labuhan Batu, Bupati Labusel, Bupati Labura, Bupati Asahan, Bupati Pakpak Bharat, Bupati Tobasa, Bupati Sergai, Bupati Samosir, Bupati Humbahas dan Bupati Tapteng.(wol/roy)

Editor: Gus Amat