Volume Sampah Mencapai 240 Kubik Perhari di Aceh Utara

WOL Photo/Chairul sya'ban
Iklan

LHOKSUKON, WOL – Volume sampah di 27 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara terus bertambah setiap harinya. Jika ditotalkan mencapai 240 kubik perhari. Namun hanya dapat diangkut 100 kubik oleh armada angkutan sampah.

“Setiap harinya, volume sampah terus bertambah. Semakin ramai penduduk, maka semakin banyak sampah. Tahun 2015 lalu, untuk satu orang penduduk saja menghasilkan 0,4 kilogram sampah,” kata Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP), Fakhrurradhi kepada Waspada Online, Jum’at (08/1).

Dari total 27 Kecamatan itu, empat Kecamatan diantaranya menghasilkan sampah paling banyak. Meliputi Kecamatan Lhoksukon, Samudera, Tanah Jambo Aye dan Dewantara. Semakin maju kecamatan, kata Fakhrur, maka semakin banyak pula sampah yang dihasilkan.

Saat ditanyai soal keterbatasan armada angkutan sampah, Fakhrur menjawab masih terbatas armada meskipun pihaknya sudah menerima 12 unit armada tambahan dari Bupati. Armada yang sudah ada kini 32 unit.

“Kini sudah ada 32 unit armada angkutan sampah pada kita, termasuk 12 unit yang kami terima dari Bupati dua hari lalu, namun masih juga terbatas. Standarnya, butuh 10 unit armada lagi,” sebut Fakhrur.

iklan

Untuk sementara, tambahan armada dapat mengatasi 200 kubik sampah perhari dari 27 Kecamatan yang ada. Namun masih tersisa 40 kubik lagi dalam sehari yang tak dapat diangkut karena keterbatasan armada.

Fakhrur memperkirakan, tahun 2016 ini volume sampah terus bertambah disamping bertambahnya jumlah penduduk.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan