Misi Berat Merah Putih di Piala Thomas dan Uber

foto: pbsi
Iklan

JAKARTA, WOL – Tim bulutangkis Indonesia diharapkan lolos pada ajang kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016 di India, Februari mendatang. Kualifikasi nanti tergolong berat karena tim-tim kuat seperti Tiongkok, Korea, dan Jepang bakal ambil bagian.

Keikutsertaan negara kuat tersebut untuk mengejar poin agar peluang menuju Olimpiade 2016 di Brazil tetap aman. Komandan Kontingen Indonesia untuk Thomas dan Uber Cup, Achmad Budiharto, mengatakan pihaknya berharap tim Merah Putih bisa lolos mudah saat babak penyisihan nanti.

Pria yang juga menjabat Wakil Sekjen PP PBSI ini berharap tidak berada satu grup dengan tim kuat seperti Tiongkok, Jepang atau Korea. Hal tersebut karena prestasi pemain tunggal putra dan putri saat ini masih tertinggal jauh dari negara-negara tersebut. Indonesia hanya mengandalkan sektor ganda.

“Kami ingin meloloskan kedua tim saat penyisihan nanti. Setelah putaran final, target kami adalah tim Thomas masuk semifinal dan Uber yang realistis delapan besar. Kalau tercapai, itu sudah menggembirakan,” kata Budiharto di Jakarta, Kamis (7/1).

Target yang diucapkan Budiharto itu berbeda dengan yang diinginkan Sekjen PP PBSI Anton Subowo. Menurutnya, untuk putri Indonesia diharapkan bisa melaju ke semifinal, sedangkan putra lolos ke partai final.

iklan

“Thomas dan Uber dengan target lolos ke putaran final. Nanti Thomas masuk final, sedangkan putri target masuk semifinal,” tegas Anton.

Tidak beraninya Komandan Kontingen dan tim pelatih mematok target final dan semifinal karena konsentrasi sejumlah pemain akan terpecah. Selain fokus ke Piala Thomas dan Uber, pemain seperti Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda harus menatap Olimpiade 2016.

“Konsentrasi mereka lumayan terpecah karena bersamaan dengan jelang Olimpiade,” terang Budiharto.

Apalagi, pada Olimpiade yang berlangsung di Rio de Janeiro pada 5-21 Agustus nanti, tim Indonesia diharapkan menyumbang medali emas setelah tradisi itu putus pada Olimpiade London 2012. Meski demikian, pihaknya tetap optimistis para pemain memberikan yang terbaik.

Selain Thomas dan Uber Cup serta Olimpiade, PBSI juga sedang memikirkan turnamen tertua di dunia, All England. Induk cabang bulutangkis nasional tersebut menargetkan dua gelar dari ganda putra dan ganda campuran. (wol/waspada/data2)

Tim Piala Thomas
Tunggal: Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Ginting, Jonatan Christie
Ganda: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Rian Agung Saputro/Berry Angriawan

Tim Piala Uber
Tunggal: Maria Febe Kusumastuti, Lindaweni Fanetri, Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung
Ganda: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan