Hiburan Superman Asal Prancis

AP

MELBOURNE, WOL – Petenis non unggulan, Gael Monfils, sukses mengukir sejarah. Petenis asal Prancis tersebut sukses menembus perempatfinal pertama kalinya Australia Terbuka selama 11 tahun terakhir.

Pencapaian penting yang diraih oleh Monfils hadir ketika menghadapi Andrey Kuznetsov (Rusia) di Rod Laver Arena, Senin (25/1). Monfils memenangi laga dramatis tersebut 7-5, 3-6, 6-3, 7-6 (4). Monfis mengaku tak bisa menutupi rasa bahagianya tersebut dengan lolos ke babak 8 Besar Australia Terbuka pertama kali.

“Tentu saja saya bangga dengan raihan prestasi ini, terlebih setelah waktu yang panjang keikutsertaan saya di sini,” ucap Monfils.

“Namun saya tak bisa terlalu lama untuk merayakan keberhasilan ini. Sebab, di babak selanjutnya saya akan melalui pertandingan jauh lebih berat dibandingkan hari ini (kemarin-red). Jadi, saya harus tetap fokus,” pungkas petenis berusia 28 tahun itu.

Pun begitu, publik Melbourne Park tidak terlalu antusias dengan pencapaian Monfils tersebut. Para fans justru lebih tertarik dengan aksi “Superman” sang petenis di lapangan, sehingga terluka dan memar. Monfils kerap memperlihatkan aksi akrobatik di lapangan dengan “terbang” sambil berusaha mengembalikan pukulan lawan.

“Sakit sekali. Saat ini aku tidak bisa menggenggam apapun. Ada luka goresan cukup dalam. Bukan masalah, tapi ada memar juga. Untung saja tidak sampai patah tulang. Aku kan bukan batu karang,” ucap Monfils sambil berkelakar.

Nantinya, Monfils akan menghadapi unggulan 13 asal Kanada, Milos Raonic. Petenis muda ini berduel lima set melawan unggulan empat Stanislas Wawrinka (Swiss) 6-4, 6-3, 5-7, 4-6, 6-3. David Ferrer (Spanyol) pun lolos dengan menundukkan John Isner (AS) 6-4, 6-4, 7-5. Begitupula, Andy Murray (Britania Raya) menuai sukses kala mengandaskan Bernard Tomic (Australia) 6-4, 6-4, 7-6 (4).

Di bagian putri, Victoria Azarenka memastikan tiket perempatfinal. Melewati pertarungan Barbora Strycova (Rep Ceko), mantan ratu tenis asal Belarus itu menang 6-2, 6-4. Lawan Azarenka berikutnya adalah Angelique Kerber (Jerman) yang menang atas kompatriotnya, Annika Beck, 6-4, 6-0.(wol/ap/livescore/data1)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL