Diragukan, Temuan Lempengan di Thailand Bagian MH370

Iklan

BANGKOK, WOL – Sebuah benda diduga bagian dari puing pesawat ditemukan di Selatan Thailand.

Pakar menduga kecil kemungkinan benda itu merupakan bagian dari puing pesawat milik Maskapai Malaysia Airline MH370 yang hilang tanpa jejak dua tahun lalu.

Sebuah lempeng logam berukuran cukup besar tersapu ke pesisir di Propinsi Nakhon Si Thammarat, kata Tanyapat Patthikongpan, Kepala Distrik Pak Phanang.

“Para penduduk desa menemukan puing yang berukuran lebar sekitar 2 meter dan panjang sekitar 3 meter,” katanya.

“Bisa jadi benda itu berasal dari dalam air lebih dari satu tahun, hal itu tampak dari kerang yang tumbuh diatas lempengan tersebut.”

iklan

Temuan ini memunculkan spekulasi di media lokal Thailand,  kalau puing itu adalah bagian dari Pesawat MH370, yang hilang dengan membawa penumpang 239 orang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada Maret 2014 lalu.

Sebuah puing pesawat juga ditemukan tersapu ke Pulau Reunion milik Perancis di Samudera Hindia pada Juli 2015, namun tidak ditemukan puing pesawat lainnya.

Meski demikian, para pakar mengatakan arus laut yang kuat di Samudera Hindia bisa menyeret puing-puing sejauh ribuan kilometer jauhnya, reruntuhan itu sangat tidak mungkin telah melayang melintasi khatulistiwa ke belahan bumi utara.

Lokasi puing pesawat yang ditemukan di Thailand  tampaknya tidak konsisten dengan model arus laut yang muncul muncul ketika flaperon MH370 ditemukan di Pulau Reunion bulan Juli lalu,” kata Greg Waldron dari flightglobal, sebuah media penerbangan.

“Tanda-tanda, teknik, dan perkakas yang tampak jelas dalam puing-puing ini sangat kuat mengindikasikan kalau lempeng logam itu berhubungan dengan kedirgantaraan.

“Puing ini perlu ditelaah secara seksama, meski demikian tampaknya puing itu cukup asli,” Kemungkinan lainnya puing itu berasal dari puing program antariksa termasuk peluncuran roket oleh India di arah timur melalui Teluk Benggala, katanya.

Fragmen yang ditemukan di Thailand ” tidak tampak seperti bagian dari pesawat,” kata ahli penerbangan Geoffrey Thomas. “Ini tidak masuk akal,” tambahnya.

“Saya kita puing ini tidak ada kaitannya dengan MH370,” Sejauh ini belum ada konfirmasi dari otoritas resmi di Thailand yang menerangkan kala temuan puing itu berasal dari sebuah pesawat.

“Saya secara pribadi menduga kalau itu bukan bagian dari reruntuhan MH370,” Kata juru bicara Pemerintah Thailand, Sansern Kaewkamnerd.

Juru bicara untuk Pusat Koordinasi Gabungan (JACC), otoritas internasional yang melakukanpencarian MH370 berbasis di Canberra mengatakan pihaknya masih menanti penyelidikan resmi dari puing tersebut,”

Sementara itu, Menteri Transportasi Malaysia masih dihubungi oleh Otoritas Thailand untuk memverifikasi puing itu, demikian kata juru bicara kementerian tersebut.(abc/data1)

Iklan