Parkindo Medan Gelar Turnamen Futsal Lintas Gereja

foto: Istimewa
Iklan

MEDAN, WOL – Organisasi Kemasyarakatan Partisipasi Kristen Indonesia Cabang Medan akan menggelar turnamen futsal pemuda lintas denominasi gereja.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung penetapan Perdana Menteri Kedua RI Amir Sjarifuddin Harahap periode 1947-1948 sebagai pahlawan nasional.

Ketua Mandataris Pembentukan Parkindo Medan Ruben Panggabean, Selasa (15/12), mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyatukan persepsi semua pihak, tentang tokoh pejuang kemerdekaan kelahiran Kota Medan tersebut khususnya di kalangan pemuda.

Selain itu, pemuda gereja juga dapat mengingat kembali peran dan perjuangan tokoh tersebut dalam proses kemerdekaan republik.

“Futsal kita yakin dapat menjadi media merekatkan sekaligus wadah kampanye agar pemerintah menetapkan beliau menjadi pahlawan nasional tersebut,” ujarnya.

iklan

Turnamen futsal sendiri akan diselenggarakan pada Januari 2016 mendatang. Tim yang akan bertanding diharapkan dapat mewakili pemuda gereja dan universitas yang ada di Medan.

Oleh karenanya, Ruben mengajak semua pihak untuk mendukung mensukseskan kegiatan tersebut, sekaligus turut mendukung upaya penetapan Amir Sjarifuddin Harahap sebagai pahlawan nasional. Turnamen itu sendiri jelasnya akan dinamai “Amir Sjarifuddin Harahap Cup 2016”.

Sebagaimana diketahui, Amir Sjarifuddin Harahap ditangkap oleh fascis Jepang pada Januari 1943,  di tengah gelombang-gelombang penangkapan yang berpusat di Surabaya. Kejadian ini dapat ditafsirkan sebagai terbongkarnya jaringan suatu organisasi anti fasisme Jepang yang sedikit banyak mempunyai hubungan dengan Amir.

Amir Sjarifuddin tercatat pernah menjabat Menteri Pertahanan pada Kabinet Presidensial, Kabinet Sjahrir I, Kabinet Sjahrir II, Kabinet Sjahrir III. Kemudian menjabat sebagai Perdana Menteri RI sejak 3 Juli 1947–29 Januari 1948, dengan membentuk Kabinet Amir Sjarifuddin I dan Kabinet Amir Sjarifuddin II.(wol/cza/data2)

Iklan