LPI Sumut Minim Peserta

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Sumatera Utara 2015 minim peserta. Kegiatan ini hanya diikuti lima tim tingkat SLTP dan enam tim kategori SLTA di Lapangan PPLP Sumut di Medan Sunggal, mulai Senin (14/12).

Tingkat SLTP, tim yang bertanding adalah Medan, Deliserdang, Batubara, Labuhan Batu Utara, dan Tanjungbalai. Di tingkat SLTA hanya bersaing dua tim asal Medan, yakni SMA Panca Budi dan SMAN 15, Labuhan Batu Selatan, Deliserdang, Labuhanbatu, dan Batubara. Ketua Panpel LPI Sumut 2015, Syafei Pilly, menjelaskan minimnya peserta karena tidak semua kabupaten/kota di Sumut memutar LPI.

“LPI ini kan liga yang berjenjang dari kabupaten/kota ke tingkat Sumut. Tapi banyak daerah tidak menggelar,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Syafei, hanya kabupaten/kota yang menggelar LPI saja mengirimkan peserta di LPI Sumut. Dalam kesempatan itu, Syafei juga membantah jika minimnya peserta karena setiap tim peserta diwajibkan membayar Rp3,5 juta.

“Soal bayaran Rp3,5 juta per tim memang benar. Tapi itu bukan kemauan panitia, melainkan hasil kesepakatan bersama antara panitia dan tim peserta. Jadi semua sudah disepakati bersama dan dana Rp3,5 juta itu untuk operasional pelaksanaan,” bebernya.

iklan

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan LPI Sumut ini tidak lain untuk menyahuti keinginan kabupaten/kota yang sudah menggelar LPI di daerah masing-masing. “Jadi sifatnya kita memfasilitasi. Tapi karena dana pelaksanaan tidak dianggarkan dalam APBD, makanya biaya pelaksanaan ditanggung bersama. Apalagi LPI tingkat nasional sendiri sudah vakum,” tandasnya.

LPI Sumut 2015 dibuka resmi oleh Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian SH MSi. Dalam sambutannya, Baharuddin mengingatkan setiap tim tidak hanya membidik juara semata, tapi menunjukkan kualitas permainan terbaik di lapangan.

“Tunjukkan teknik, semangat juang tinggi, dan fair play. Jangan mudah emosi, apalagi berantam di lapangan. Jadilah pemain yang bisa diandalkan daerah, kebanggaan sekolah dan kedua orangtua kalian,” ungkap Baharuddin.
Dalam laga pembuka di Grup A, SMPN 27 Medan mengalahkan Batubara 2-0. Persaingan di Grup B, tim SMP asal Deliserdang mengungguli Tanjungbalai 2-1. LPI tingkat Sumut ini akan berlangsung hingga Jumat (18/12) nanti.
(wol/waspada/data1)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan