Keppres Tambah Kuasa Luhut Pandjaitan

Istimewa

JAKARTA, WOL – Menkopolhukam Luhut B Pandjaitan mengaku saat ini dirinya memiliki penambahan kekuasaan di pemerintahan.

Hal itu menyusul keputusan presiden (Keppres) terkait tugas pokok dan tanggung jawab kementeriannya.

“Itu karena keppres yang baru tentang kami selaku Menko memiliki kewenangan pengendalian. Jadi, saya rajin langsung turun ke bawah memeriksa semua jalannya baik,” katanya, Jakarta, Kamis (3/12).

Ia menjelaskan itu disahkan Presiden Jokowi pada awal November. Isinya mengenai kewenangan langsung Menkopolhukam terkait pengendalian kementerian serta lembaga di bawah koordinasinya.

Koordinasi itu dibuktikan Luhut dengan seringnya menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah Kementerian dan lembaga penegak hukum sejak akhir bulan lalu.

Advertisement

Beberapa rapat koordinasi yang rutin digelarnya adalah membahas pencegahan aksi terorisme pada akhir tahun di Tanah Air bersama TNI, Polri, Badan Intelijen Negara dan Badan Intelijen Strategis.

Selain itu, ia juga menggelar rapat koordinasi terkait optimalisasi Badan Narkotika Nasional bersama Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Kabareskrim Polri Komjen Anang Iskandar, Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian, Kepala BNN Komjen Budi Waseso dan sejumlah menteri.(inilah/data2)