“Inovasi Ojek Online Jangan Dikekang”

foto: Istimewa

BOGOR, WOL – Presiden Joko Widodo menilai bahwa transportasi publik berbasis aplikasi merupakan inovasi pada saat moda transportasi umum resmi belum optimal.

Atas dasar itu, Jokowi meminta agar tidak ada pengekangan inovasi selama layanan transportasi berbasis online itu diperlukan masyarakat sebagai penunjang moda transportasi resmi yang belum sesuai dengan harapan.

“Jangan juga sampai kita mengekang sebuah inovasi. Kayak Go-Jek, itu kan aplikasi anak-anak muda yang ingin memperbarui sebuah ide,” ucap Jokowi di Istana Bogor, Jumat (18/12).

Kepala Negara menyebutkan, jika keberadaan transportasi umum berbasis online tidak sesuai dengan regulasi yang ada, perlu ada penataan secara bertahap.

Jokowi tidak ingin penegakan aturan justru merugikan masyarakat yang masih memerlukan transportasi umum berbasis online. “Aturannya bisa transisi sampai, misalnya, transportasi massal kita sudah bagus,” ujar Jokowi.

Advertisement

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sebelumnya, telah menerbitkan surat yang menyatakan bahwa ojek atau transportasi umum berbasis layanan online tidak memenuhi ketentuan yang berlaku. Jonan meminta kepada Kepala Polri untuk melakukan langkah-langkah mengatasi hal itu

CEO Gojek Nadim Makarim menyambut baik pembatalan keputusan Kementerian Perhubungan terkait larangan operasi ojek online oleh presiden Jokowi.

“Baru saja Presiden Joko Widodo menjawab aspirasi kita semua dengan membatalkan keputusan Menhub mengenai pelarangan aplikasi atau taksi online. Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan masyarakat Indonesia di media sosial,” katanya melalui keterangan persnya, Jakarta, Jumat (18/12).

Selaku pimpinan perusahaan dan perwakilan manajemen Gojek, ia mengaku terharu dengan adanya dukungan masyarakat yang begitu kuat.

“Kami tidak akan pernah melupakan bahwa bagian besar dari kemenangan ini adalah suara anda yang berbondong-bondong membela keberadaan kami. Karena anda lebih dari 200 ribu keluarga driver terjamin kesejahteraannya,” ucapnya.

Ia menambahkan keputusan positif ini merupakan bukti kemenangan ekonomi kerakyatan.

“Untuk itu, kami mengajak semua pengguna dan driver Gojek merayakan keputusan Jokowi-JK ini via media sosial dengan #GoRakyat. Hidup Gojek! Hidup Karya Anak Bangsa!” katanya. (kompas/inilah/ags)