Suap Interpelasi, KPK Juga Panggil Sekwan Randiman Tarigan

WOL Photo

JAKARTA, WOL – Sekretaris Daerah Provinisi Sumatra Utara Hasban Ritonga kembali dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan suap yang diterima DPRD Sumut dari Gatot Pujo Nugroho saat menjadi gubernur setempat.

“Dia akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka GPN (Gatot Pujo Nugroho),” kata Plh Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati, Jakarta, Selasa (24/11).

Bersama Hasban, penyidik KPK juga memanggil saksi lainnya. Mereka adalah anggot Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Sumut/mantan Sekda Pemprov Sumut 2011-2014 Nurdin Lubis, dan Sekretaris DPRD Provinsi Sumut Radiman Tarigan. Mereka juga akan dimintai keterangan dalam kasus yang sama.

“Sama mereka juga dimintai keterangannya dalam kasus yang sama,” ujar dia.

Sementara untuk kasus dugaan suap Gatot terkait pengamanan penyelidikan kasus suap yang ditangani Kejaksaan Agung dan Kejati Sumut, penyidik memanggil Sekjen DPR RI Winantuningtyastiti Swasanani.

Advertisement

Yayuk mengaku belum mengetahui pasti dipanggilnya Winan dalam perkara ini. Yang pasti, ia akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Gatot.

Diketahui, penyidik KPK menjadikan Gatot sebagai tersangka dalam tiga kasus sekaligus. Pertama Gatot menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap terhadap hakim PTUN Medan. Kedua Gatot dituduh memberikan suap pada Patrice Rio Capela saat menjadi Sekjen Partai NasDem dan anggota DPR. Dan yang terakhir Gatot menjadi tersangka kasus dugaan suap kepada anggota DPRD Sumut.(inilah/data1)