Sartono, Pencipta Lagu Hymne Guru Tutup Usia

beritajatim.com

MADIUN, WOL – Maestro pencipta lagu himne guru Sartono akhirnya meninggal pada usia 79 tahun, setelah sempat mendapat perawatan intensif di RSUD Sogaten, Kota Madiun selama 13 hari terakhir ini.

Menurut adik ipar Sartono, Tiwi, pencipta lagu himne guru ini menghembuskan nafas terakhirnya pukul 12.50 di ruang ICU RSUD Sogaten, Kota Madiun. Pria yang pernah bekerja sebagai korsik di Ajenrem Madiun ini meninggal karena serangan stroke yang kesekian kali.

“Mas Sartono meninggal siang tadi karena serangan stroke. Sebenarnya mas Sar sudah lama kena stroke sekitar dua tahun lalu,” ujarnya, saat di rumah duka, Minggu (1/11).

Dalam kehidupan kesehariannya, almarhum Sartono jauh dari kata mewah. Sulung dari lima bersaudara ini tinggal di rumah semi permanen peninggalan orang tuanya di jalan Halmahera Kota Madiun.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, almarhum hanya mengandalkan pensiunan dari sang istri dan honor dari tamu undangan di sejumlah acara yang ada Kota Madiun.

Advertisement

Bahkan sejak tiga tahun terakhir ini, Sartono sudah agal sulit diajak untuk berkomunikasi. Karena faktor usia tersebut membuatnya sedikit tergangu ingatanya (pikun).

Hingga Magrib ini, tamu yang menyampaikan bela sungkawa masih masih tampak berdatangan. Bahkan walikota dan Sekda Kota Madiun juga tampak datang langsung.(inilah/data1)