Samsat Medan Selatan Tetap Beri Pelayanan

Kebakaran kantor Dispenda Sumut (WOL Photo/Ega Ibra)

MEDAN, WOL – Personil  Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Medan melakukan investigasi kebakaran Kantor Dinas Pendapatan Daerah  (Dispenda) Pemprov Sumut dan Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Medan Selatan di Jalan Sisingamangara Medan,  Sabtu (21/11) malam.

“Tim Labfor sedang olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran di Kantor Dispenda Sumut dan Samsat Medan Selatan.

Selain itu di sekitaran lokasi gedung  masih dijaga ketat sejumlah personel kepolisian dari Polda Sumut dan Polresta Medan,” ungkap Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf, Minggu (22/11).

Namun, dia tidak merinci hasil investigasi sementara Tim Labfor Polri.

Helfi juga menghimbau, kepada warga sekitar untuk tidak mendekat di seputaran lokasi kebakaran. ‎Hal ini bertujuan untuk mempermudah petugas tim Labfor untuk melakukan olah TKP dan secepatnya mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan dua gedung pelayan publik tersebut.

Advertisement

“Kami menghimbau kepada warga sekitar untuk tidak mendekat di lokasi kebakaran. Saat ini petugas sedang melakukan olah TKP. Kita juga berharap dari olah TKP yang dilakukan secepatnya diketahui penyebabnya,” himbaunya.

Sementara itu, Kepala Dispenda Sumut, Rajali menuturkan, sumber api penyebab kebakaran diduga dari lantai II dan III akibat korsleting listrik.

Dalam insiden kebakaran tersebut seluruh bangunan Dispenda Sumut. Selain gedung berbagai berkas dokumen penting dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) milik masyarakat.

“Kita mengetahui kebakaran atas laporan pegawai bahwa sekitar pukul 18.00 WIB semalam sore bahwa kantor Dispenda Sumut  telah terbakar. Informasi yang kita dapat asal api berasal dari lantai II dan III yang diduga karena korsleting aliran listrik. Dikarenakan kondisi api sangat besar kemudian merembet ke kantor Samsat Medan Selatan yang berada tepat di sebelahnya,” tuturnya kepada Waspada Online.

Soal kerugian, Rajali belum bisa memastikannya. “Lihat saja lah sendiri ya rekan-rekan. Saat ini biarlah petugas melakukan pemadaman,” pungkasnya.

Rajali menjamin, pelayanan di Dispenda dan Samsat Medan Selatan Jalan SM Raja Medan tidak terganggu pascakebakaran.

“Pelayanan tetap khusus Kantor Samsat Medan Selatan pelayanan pembayaran pajak dan BPKB tetap berjalan sebab tidak semua gedung Samsat Medan Selatan terbakar ludes,” ujarnya.

Dia juga meminta seluru pegawai Dispenda akan bekerja seperti biasa. Namun, sampai Minggu (22/11), polisi belum memperbolehkan pegawai termasuk dirinya masuk Kantor Dispenda karena dilarang.(lvz/wol/data2)