KPU Gelar Sidang Perdana Kartel Daging Sapi

Istimewa

JAKARTA, WOL –  KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), hari ini, Senin (9/11)  menggelar sidang perdana dengan agenda pemeriksaan lanjutan dugaan kartel daging sapi

Sidang perkara nomor 10/KPPU-1/2015 tentang Dugaan Pelanggaran Pasal 11 dan Pasal 19 huruf c Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dalam Perdagangan Sapi Impor di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Dalam sidang pertama pemeriksaan lanjutan ini, Majelis Komisi melakukan pemeriksaan terhadap saksi yang dihadirkan oleh investigator, Kepala Rumah Potong Hewan (RPH) Jonggol, Bogor (PT Sinar Daging Perdana) Hariyanto tentang dugaan boikot pemotongan sapi tahun 2015.

Dalam kesaksiannya, saksi menyatakan, bahwa pada tahun 2015 rata-rata RPH Jonggol melakukan pemotongan 5 sampai 10 ekor per hari.

Nnamun pada tanggal 8-10 Agustus 2015 tidak melakukan pemotongan karena dianggap tidak menguntungkan, meskipun memiliki stok sapi. Selain itu RPH biasanya lebih memilih sapi yang menguntungkan dari segi harga dan yield.

Advertisement

Selanjutnya Majelis Komisi akan menggelar sidang pemeriksaan lanjutan yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 12 November 2015 dengan agenda pemeriksaan saksi.(wol/data1)