Ribuan Rumah Dhuafa Tak Layak Huni, IPSM Usul Rehab 852 Rumah

foto: detik.com
Iklan

LHOKSUKON, WOL – Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Aceh Utara, mencatat, masih ada sekitar lima ribu unit rumah kaum dhuafa yang layak dibantu oleh Pemerintah, baik kabupaten, provinsi maupun pusat.

Hal ini dikatakan Ketua IPSM Aceh Utara, Mukhtaruddin S.Pd kepada Waspada Online, Rabu (07/10). Menurutnya, masih banyaknya rumah dhuafa yang butuh bantuan ini disebabkan akibat ulah tangan jahil oknum jual beli rumah dhuafa.

“Masih banyak rumah kaum dhuafa di Aceh Utara ini, jumlahnya sekitar lima ribu lebih yang tersebar di seluruh Desa. Ini juga akibat ulah oknum jual beli rumah bantuan untuk dhuafa, sehingga yang berhak tidak pernah mendapatkannya. Ada juga, namun jarang,” katanya.

Data tersebut berdasarkan penelusuran pihaknya selama ini. Kebutuhan paling banyak menurutnya terdapat di Kecamatan Lhoksukon, Paya Bakong dan Kecamatan Sawang. Untuk penyelesaiannya, harus ada data base.

Kendati demikian, IPSM sendiri mengusulkan sebanyak 852 rumah dhuafa yang tersebar di 852 Desa Kabupaten Aceh Utara kepada Pemerintah Pusat melalui anggota DPR RI asal Aceh, Tgk Khaidir, untuk merehab rumah dhuafa.

iklan

“Usulan kita kali ini mengusulkan rehab rumah untuk 852 rumah dhuafa. Kita mendata untuk satu rumah dari satu desa. Intinya usulan kita ini merupakan rehab rumah, bukan pembangunan rumah. Rencana anggaran dari APBN yang bernilai Rp15 juta untuk satu rumah,” pungkas Mukhtaruddin.

Ia menjelaskan, usulan dalam diproses. Sehingga tahun 2016 diharapkan dapat langsung dikerjakan merehab rumah para kaum dhuafa berdasarkan data yang sudah ada.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan