Nelayan se-Kota Medan Diedukasi Soal Pilkada Medan

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan bekerjasama dengan Yayasan Sintesa dan Serikat Nelayan Indonesia (SNI) Sumatera Utara melaksanakan sosialisasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2015 bagi nelayan se-Kota Medan di Kantor Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kamis (15/10).

Ketua SNI Sumatera Utara Hafizal menyampaikan, nelayan harus berperan aktif untuk mensukseskan pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Medan.

“Kita nelayan harus menjadi pemilih yang cerdas, kenali visi dan misi dua pasang calon Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Medan ini, simak dengan seksama yang mana yang paham benar dengan isu nelayan dan kelautan, jangan yang pura-pura paham,” kata Hafizal.

Hafizal melanjutkan, wali kota Medan dan wakilnya yang terpilih nanti haruslah mengeluarkan kebijakan kelautan yang ramah lingkungan. Untuk itu tambahnya, nelayan harus mengawal penuh pasangan walikota dan wakil wali kotanya apabila nanti terpilih.

“Kami dari SNI menolak penggunaan alat penangkap ikan yang merusak lingkungan,” tegas Hafizal.

iklan

Hal senada disampaikan Direktur Yayasan Sintesa, Afrizal Kurniawan. Ia mengemukakan, Yayasan Sintesa yang fokus pada pemberdayaan dan penguatan ormas petani, nelayan, buruh, dan masyarakat miskin kota mendukung penuh kegiatan KPU untuk melakukan sosialisasi pilkada.

“Pilkada inilah yang menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah yang bersentuhan langsung dengan rakyat selama lima tahun ke depan. Kalau salah pilih, menyesallah kita lima tahun ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Medan Divisi Sosialisasi Edi Suhartono menyampaikan, idealnya acara ini dilaksanakan di kampung nelayan di kawasan pesisir.

“Namun karena cuaca dan banjir, terpaksa kita laksanakan disini (di kantor kelurahan, red). Kami dari KPU Kota Medan berharap acara sosialisasi ini mampu meningkatkan partisipasi nelayan dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada 9 Desember 2015 nanti,” tambahnya.

Sosialisasi dihadiri nelayan yang berasal dari tiga kecamatan di Medan, yakni Kecamatan Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan.(rel/data2)

Iklan