Kabut Asap Selimuti Aceh, Lhokseumawe Terparah

Istimewa
Iklan

BANDA ACEH, WOL – Sebagian kabupaten dan kota di Provinsi Aceh kembali diselimuti asap tebal dan  kondisinya pun kian pekat dengan  jarak pandang antara 2-3 kilometer, Minggu (4/10).

Dibandingkan daerah lain, Kota Lhokseumawe terparah dilanda asap imbas dari kebakaran hutan tersebut.

Menurut Zakaria dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Blang Bintang Banda Aceh, kabut kembali pekat menyelimuti Aceh sejak, Sabtu (03/10) kemarin.

“Sejak kemarin pagi wilayah kita kembali diselimuti kabut asap, akibat kebakaran hutan dan lahan disejumlah daerah di Sumatera. Kota Lhokseumawe merupakan kota yang paling parah diselimuti kabut asap,” ujar Zakaria, Minggu (4/10).

Dampak kabut asap tersebut menurutnya diakibatkan karena pola angin dari timur dan saat tiba di atas Kota Lhokseumawe terjadi belokan angin ke arah utara, sehingga asap-asap tersebut lebih banyak dan pekat.

iklan

Untuk wilayah Aceh kata dia sudah dua kali dilanda kabut asap yang dampaknya cukup signifikan. Berdasarkan pantauan pihaknya dari setelit Terra titik api diwilayah Sumatera masih cukup banyak.

Kabut asap hingga menjelang petang tadi masih saja terlihat di Kabupaten Aceh Utara meskipun sudah diguyur hujan yang sangat lebat.

Menurut  M Syifaul Fuad  dari BMKG Lhokseumawe,  kecil kemungkinan kabut dapat disapu oleh hujan setelah itu kembali kabuta asap akan menyelimuti Aceh.

Berdasarkan pengamatan pihaknya, jarak pandang di Kota Lhokseumawe maupun sekitarnya yakni 2-3 kilometer. Kondisi ini diakibatkan bertambahnya titik api di wilayah Jambi, Sumatera Selatan dan Pekanbaru yang didukung dengan arah angin mengarah dari tenggara ke barat laut.

“Sehingga asap sampai ke kita. untuk kedepanya kita lihat perkembangan titik apinya, jika semakin bertambah dan arah anginya mengarah ke kita maka esoknya kabut tersebut masih saja berkabut, belum hilang,” demikian Syifaul yang dikonfirmasi Waspada Online. (chai/data1)

Iklan