Jokowi Ogah Campuri Kasus Eks Sekjen Nasdem

okezone.com
Agregasi
Agregasi

 

JAKARTA, WOL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau mencampuri kasus hukum yang menyeret eks Sekjen Nasdem Rio Capella. Perkara tersebut adalah masalah internal partai politik, sekalipun Partai tersebut adalah pendukungnya.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat wawancara khusus dengan MNC Media di Istana Merdeka, Senin (19/10/2015). “Urusan partai sendiri, urusan pemerintahan berbeda, ” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa hukum harus tetap ditegakkan terhadap siapapun tanpa pandang bulu. “Kasus hukum berlanjut terus, ” katanya.

KPK telah menetapkan eks Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella sebagai tersangka dalam penanganan perkara Bantuan Sosial (Bansos), tunggakan dana bagi hasil dan penyertaan modal sejumlah BUMD di Provinsi Sumatera Utara.

Advertisement

Rio disangka melanggar Pasal 12 huruf a, huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain itu, dalam perkara yang sama KPK juga turut menetapkan Gubernur Sumatera Utara nonaktif Gatot Pujo Nugroho dan Istrinya Evy Susanti sebagai tersangka. Begitu pula dengan pengacara kandang OC Kaligis.(okz/data2)