BPBD: Waspadai Banjir di Musim Penghujan

foto: Istimewa
Iklan

LHOKSUKON, WOL – Warga yang bermukim di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) dihimbau tetap waspada akan datangnya bencana banjir dan longsor secara tiba-tiba di musim penghujan yang mulai datang ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara dan Search and Rescue (SAR) tetap bersiaga 24 jam, dan siap untuk menurunkan petugas penyelamat guna mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

“Musim hujan mulai tiba, tidak menutup kemungkinan bencana banjir akan terjadi. Maka kita himbau kepada warga yang bermukim di DAS agar tetap mewaspadai banjir dan longsor,” himbau Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar Ibrahim SE, kepada Waspada Online, Jumat (30/10).

Baru-baru ini, banjir sudah berulang kali melanda Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, namun menurut Munawar banjir tersebut masih dapat diatasi karena tergolong kecil. Akan tetapi, warga tetap dihimbau waspada.

“Banjir kecil sudah beberapa kali melanda Desa Leubok Pusaka baru-baru ini akibat pegunungan di Kabupaten Bener Meriah diguyur hujan lebat. Namun, warga harus waspada, meskipun banjirnya kecil,” imbuhnya Munawar.

iklan

Imbas dari hujan yang mengguyur pegunungan Bener Meriah akhir-akhir ini kerap mengakibatkan banjir kecil di sejumlah desa dalam Kecamatan Lhoksukon, Langkahan, dan Matang Kuli.

Jika banjir kembali terjadi, aparat desa diminta segera beritahukan pihak Muspika dan pihak BPBD/SAR.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan