5 Paslon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Debat Publik

WOL Photo
Iklan

RANTAUPRAPAT, WOL – Pihak KPUD Labuhanbatu menyelenggarakan Debat Publik antar Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Tahun 2015, di Hall Suzuya, Rantauprapat, Kamis (29/10).

Sejumlah lima paslon peserta Pilkada Labuhanbatu hadir di kesempatan itu. Gedung tempat berlangsungnya acara debat tersebut juga dipenuhi sekira 500-an massa tim pemenangan dan simpatisan masing-masing paslon.

Acara debat terbuka kali itu disiarkan live melalui stasiun radio RSPD FM 96,5 Mhz di kota Rantauprapat bertemakan, mewujudkan visi dan misi membangun Labuhanbatu yang sejahtera dengan Ika Bina en Pabolo.

Ketua KPUD Labuhanbatu, Hj Ira Wirtati pada kesempatan itu mengatakan jika kegiatan itu merupakan agenda dan tahapan pilkada sesuai PKPU No 7 tahun 2015 pada pasal 5 ayat 2 (a).

Dia juga memperkenalkan sejumlah paslon peserta Pilkada Labuhanbatu. Diantaranya, paslon No 1 Zainal Arifin Dalimunthe-Wira Abdi Dasopang. Paslon No 2, Mahini Rizal-Waluyo. Paslon No 3,  Pangonal- Andi Suhaimi Dalimunthe. Paslon No 4, Suhari-Ihsan Rambe dan Paslon No 5, Tigor Panusunan Siregar-Erik Adtrada Ritonga.

iklan

Moderator pada acara itu dibawakan oleh Rizanul, ST. Sedangkan para panelis yang diundang dari sejumlah perguruan tinggi dari kota Medan, untuk memberikan pertanyaan ke para paslon diantaranya, Prof Dr Ir Ahmad Rifqi Tantawi, DR Ridwan Rangkuti MSi, Dr Syaiful Bahri MAP dan Muhammad Ishak SE MSi.

Sesi Debat Terbuka itu diawali dengan diberikannya kesempatan paparan visi dan misi pertama masing-masing paslon selama 2 menit. “Saya mempersilahkan kepada masing-masing paslon untuk paparan visi dan misi. Dan masing-masing memiliki waktu 2 menit,” ujar moderator secara marathon memberikan kesempatan sesuai nomor urut pasangan.

Selanjutnya, sesi pertanyaan bersama panelis melalui moderator yang kepada para peserta diberikan waktu 2 menit untuk penajaman visi dan misi.

Kemudian, masing-masing panelis secara bergantian memberikan pertanyaan kepada para paslon yang juga berkesempatan menajamkan visi misi. Pada sesi akhir, masing-masing paslon juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pernyataan akhir calon.

Pertanyaan para panelis berbeda-beda. Tapi, cenderung bermaterikan terkait potensi kekayaan alam Labuhanbatu dan upaya mengkelolanya untuk kemakmuran daerah dan masyarakat Labuhanbatu. Bahkan ada juga Panelis yang mempertanyakan kesiapan masing-masing paslon ketika menjadi Kepala Daerah di Labuhanbatu dalam menghadapi pasar bebas Asean dan kesiapan pemanfaatan dana desa, program satu produk satu desa.

Sementara itu paslon no 4  Suhari, dalam paparannya menyampaikan, jika masyarakat Labuhanbatu memberikan kepercayaan kepada  Suhari bersama Ihsan Rambe, mereka akan membangun Labuhanbatu dengan semangat 4 visi yakni, pertama, melalui semangat Ika Bina En Pabolo pembangunan dan perbaikan akan dilakukan secara terus menerus dengan mengutamakan kepentingan rakyat, kedua pemberdayaan masyarakat sebagai subjek pembangunan, ketiga penanggulangan kemiskinan dan keempat pendekatan berbasis hak.(wol/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan