Warga Aceh Serentak Kumandangkan Malam Takbiran Idul Adha

Istimewa

BANDA ACEH, WOL – Masyarakat di kabupaten dan kota di Provinsi Aceh secara serentak mengkumandangkan malam takbiran Idul Adha 1436 Hijriyah di masing-masing mesjid maupun meunasah, Rabu (23/9).

Sementara di mesjid agung Baiturrahim Lhoksukon, Wakil Bupati Aceh Utara, Drs Muhammad Jamil MKes turut hadir mengisi malam takbiran bersama para masyarakat dan muspika.

Selain itu, turut dihadiri Kabag Humas Sekdakab Aceh Utara Drs. Amir Hamzah, beserta para  Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Bagian dan Muspika.

Kabag Humas Sekdakab Aceh Utara, Drs. Amir Hamzah mengatakan, selain takbiran di Mesjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, takbiran yang sama juga berlangsung di seluruh Kecamatan, desa dan dusun. Hal itu sebagaimana yang telah serukan oleh pihaknya kemarin.

Menurutnya, malam takbiran di Aceh Utara tidak diisi dengan pawai atau berkonvoi, mengingat cuaca yang tidak mendukung dan mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang.

Advertisement

Di Kota Banda Aceh dilaporkan, masyarakat ramai-ramai menggelar malam takbiran dengan cara berkonvoi menggunakan kenderaan bermotor dan sebagian berjalan kaki sambil memegang obor.

Ratusan peserta dari berbagai perwakilan turut ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini. Masing-masing peserta berjalan kaki sambil membawa obor mengikuti rute yang ditetapkan panitia.

Setiap kelompok membawa satu unit mobil hias sebagai tempat dikumandangnya takbir.

Kegiatan yang sama juga terlihat di Kabupaten Aceh Barat, bahkan warga peserta takbiran antrean hingga 3 kilometer di Jalan Sisingamagaraja, Meulaboh usai pelepasan oleh Wakil Bupati, H. Rachmat Fitri HD.

Menurut pantauan, pawai takbir dengan menggunakan ratusan kenderaan pribadi dan dinas melewati rute dari Masjid Agung ke jalan Imam Bonjol.

Kemudian melintasi Simpang Kisaran, Simpang Kuta Padang, jalan Syiah Kuala, jalan Bugong Jaro, Simpang Cot Darat, Simpang jembatan Kuala Bubon, Simpang Pinem, Simpang Cot Darat dan finish di mesjid Agung.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN