Tragedi Crane Jatuh di Mekah, 3 Jamaah Haji Embarkasi Medan Meninggal

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN,WOL – Akibat angin kencang yang disertai hujan serta badai pasir yang melanda Mekah, Arab Saudi pada Jumat malam sekira pukul 17.30 waktu Arab Saudi (WAS), atau 21.30 WIB, sebuah alat berat kontruksi (crane) jatuh menimpa ratusan jamaah haji yang tengah beribadah di Masjidil Haram. Jamaah haji embarkasi Medan tak luput menjadi korban.

Berdasarkan informasi terkini yang berhasil dihimpun Waspada Online, Otoritas Pertahanan Sipil Saudi mengatakan, jumlah korban tewas dalam peristiwa robohnya alat berat (crane) di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi berjumlah setidaknya 107 orang. Sementara itu, korban luka tercatat sedikitnya 238 orang.

WNI korban insiden jatuhnya crane di Masjidil Haram, Mekah sudah menjadi 34 orang. Sedangkan untuk korban meninggal, sampai pukul 23.00 waktu setempat sudah mencapai 2 orang.

Namun saat dikonfirmasi pagi ini ke PPIH Embarkasi Medan, diketahui 3 jamaah haji asal Medan dan Sumatera Utara, yang tergabung dalam Embarkasi Medan meninggal dunia. Adalah Masnauli Sijuadil Hasibuan Kloter 09/MES asal Padang Lawas Utara, Suparini Kloter 08/MES asal Medan dan Painem yang juga Kloter 08 asal Medan.

Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Drs Bahrum Saleh kepada Waspada Online, Sabtu (12/9) mengatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan petugas haji yang ada di Mekah dan keluarga korban yang hingga saat ini belum bisa diinformasikan karena menunggu perkembangan selanjutnya dari petugas di Tanah Suci Mekah.

Advertisement

“Untuk saat ini kita masih terus koordinasi dan mencari tahu informasi ter-update, tapi dipastikan 3 nama yang menjadi korban jatuhnya crane tersebut adalah asal Sumut dimana satu orang dari Paluta dan 2 orang dari Medan,” ungkap Bahrum.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah masih ada lagi korban meninggal akibat tragedi itu. Bahrum mengaku masih terus meminta penjelasan dari timnya di Mekah.

“Kalau memang nantinya informasi sudah lengkap kita akan kabarkan keluarga korban dan kami pastinya turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya, dan dipastikan jenazah akan dikebumikan di Madina,” terangnya.

Bahrum menambahkan, ada 2 korban luka asal Sumatera Utara yang saat ini sedang dirawat di Ruang ISU Rumah Sakit di Mekah dan belum tahu siapa nama-nama jamaah yang dimaksud. (wol/eko/data1)

Editor: AGUS UTAMA