Program Sejuta Rumah, Kemenkeu Siapkan 36 Ha di Sumut

Ilustrasi (foto: Ist)

JAKARTA, WOL – Pemerintah terus mendorong pembangunan hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah melalui program sejuta rumah.

Untuk mendukung program sejuta rumah tersebut, Kementerian Keuangan telah menyiapkan dukungan lahan seluas 381 hektar untuk pembangunan rumah susun sewa (rusunawa).

Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, lahan tersebut tersebar di wilayah sekitar Jakarta dan di kota-kota besar lain di Indonesia.

“Kementerian Keuangan dengan melihat aset yang di bawah kelolaan kita, akan menyiapkan dukungan lahan 381 hektar untuk membangun rusunawa, terutama yang berada di daerah Jabodetabek dan di kota-kota besar lainnya di Indonesia,” jelas Menteri Keuangan mengutip laman Kemenkeu.

Menurut Direktur Jenderal Kekayaan Negara Sonny Loho, lahan tersebut tersebar di 10 daerah di Indonesia, dengan total nilai lahan mencapai sekitar Rp1,43 triliun. Di wilayah Jabodetabek, tersedia dua bidang tanah seluas 11,9 hektar di Jakarta; dua bidang tanah seluas 79,2 hektar di Bogor; enam bidang tanah seluas 90,2 hektar di Tangerang; dan satu bidang tanah seluas 20 hektar di Bekasi.

Advertisement

Sementara itu, di luar wilayah Jabodetabek, tersedia satu bidang tanah seluas 18,8 hektar di wilayah Kabupaten Jombang; empat bidang tanah seluas 74,8 hektar di wilayah Kabupaten Lampung; dua bidang tanah seluas 30,2 hektar di Kota Palembang; satu bidang tanah seluas 13,9 hektar di Kota Padang; satu bidang tanah seluas 5,9 hektar di Kota Batam; dan satu bidang tanah seluas 36 hektar di Kabupaten Deli Serdang.(hls/data1)