Olahraga Sumut Butuh Solusi

Waspada
Iklan

MEDAN, WOL   – KONI Sumut mendukung Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Cabang Sumut menggelar Diskusi Olahraga dengan tema “Satu Hati Sumut Paten” di Hotel Dharma Deli Jl Balai Kota Medan, 19 September mendatang.

“Harapan kita, diskusi nanti tidak menimbulkan ketersingunggan, karena yang dibutuhkan adalah solusi mengatasi masalah olahraga di Sumut, bukan untuk saling mengkritik dan menyalahkan,” ujar Ketua Harian KONI Sumut, John Ismadi Lubis didampingi Sekum Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd.

Hal itu disampaikan John Lubis saat menerima audiensi panitia Diskusi Olahraga “Satu Hati Sumut Paten” di Sekretariat KONI Sumut, Jl Williem Iskandar Medan, Kamis (10/9). Hadir Ketua Siwo PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean, Ketua Panitia Jonny Ramadhan Silalahi, Bendahara Halomoan Samosir, dan unsur panitia lainnya.

Menurut John Lubis, kondisi olahraga Sumut saat ini memang sangat memprihatinkan. Persoalan dana KONI Sumut belum juga selesai, padahal semua cabang olahraga sudah mulai menghadapi Pra PON dan Porwil Sumatera 2015 di Bangka Belitung.

“Walau begitu, kita tidak boleh mundur dari PON. Apapun kebijakan pemerintah (Pemprovsu) kita siap. Tapi kita tidak bisa menunggu lama kebijakan itu, karena sejumlah cabor sudah mulai berangkat mengikuti kualifikasi PON,” tegasnya.

iklan

Untuk itu, John berharap melalui diskusi nanti, semua pihak bisa tahu bagaimana kondisi olahraga di Sumut sekarang ini. “Dengan demikian, diharapkan muncul solusi atau ide dalam membangun olahraga Sumut lebih baik ke depannya,” harapnya.

Hal senada disampaikan Sekum KONI Sumut, Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd. Dia berharap goal dari diskusi nanti adalah menggugah para tokoh di Sumut untuk membuat suatu gebrakan menggalang dana bagi KONI Sumut, seperti pernah dilakukan Pangdam I/BB dalam menggalang dana untuk PSMS Medan.

“Namun perlu kami ingatkan, diskusi nanti jangan menjadi arena saling menghujat dan menjatuhkan. Diskusi sifatnya harus membangun, mencari solusi untuk mengatasi setiap masalah olahraga Sumut. Diskusi diharapkan mampu menyentuh hati para tokoh di Sumut bahwa KONI ini adalah tanggung jawab mereka juga,” tegasnya.

Chairul pun mengapresiasi langkah Siwo menggagas diskusi olahraga kali ini. “Ini menjadi bukti Siwo memiliki pedulian dan keprihatinan dengan kondisi olahraga di Sumut dan wujud dari itu timbul rasa tanggung jawab mencari solusi memecahkan masalah olahraga Sumut dengan menggelar diskusi olahraga. Patut didukung,” ucap Chairul.

Ketua Siwo PWI Sumut, SR Hamonangan Panggabean, menjelaskan diskusi olahraga ini digelar berkaitan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2015.

“Digelarnya diskusi ini sebagai bentuk dukungan Siwo PWI Sumut untuk kemajuan olahraga Sumut, khususnya mencarikan solusi untuk mengatasi masalah krisis anggaran di KONI Sumut yang bakal berdampak pada pembinaan dan prestasi atlet,” ucap Monang.

Ketua Panitia, Jonny Ramadhan Silalahi, mengatakan diskusi rencananya menghadirkan pembicara Plt Gubsu HT Erry Nuradi, Ketua DPRD Sumut, Ketua KONI Sumut, dan tokoh olahraga. Pesertanya Pengprov Cabor, atlet, pelatih, wartawan, dan pegilat olahraga.

“Goal dari diskusi nanti salah satunya agar di tahun-tahun berikutnya, KONI Sumut mendapatkan porsi anggaran dana APBD yang jelas, sebagai wujud political will membangun olahraga Sumut,” tegas Wakil Ketua Siwo PWI Sumut tersebut. (wol/waspada/data1)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan