NasDem Pertanyakan Keseriusan MKD Soal Novanto & Fadli Zon

liputan6.static6.com

JAKARTA, WOL – Fraksi Partai NasDem mempertanyakan keseriusan Majelis Kehormatan Dewan (MKD) dalam menyelidiki pertemuan antara Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dengan Donald Trump.

Anggota Fraksi Partai NasDem Taufiqulhadi menyayangkan adanya perbedaan pendapat di internal MKD terkait penyelidikan pertemuan Novanto dengan Donald Trump.

Dia menilai perbedaan pandangan di internal MKD semestinya tidak terjadi. Persoalan menjadi besar apabila MKD tidak memproses dugaan pelanggaran ini secara serius.

“Ini kok belum apa-apa sudah pecah, terpecah karena kepentingan. Karena kalau gak, pasti berjalan mulus saja. Dan ini juga memalukan MKD kalau tidak bisa menyelesaikannya,” ujar Taufiq, Kamis (17/9).

Dia menegaskan kalau memang ada kesalahan prosedur pembentukan tim penyelidikan, semestinya MKD tinggal dimulai kembali dari awal. Sehingga dalam tidak mengorbankan rencana yang penting penyelesaian permasalahan etik ini.

Advertisement

Taufiq menenkankan perlunya DPR segera menyelesaikan permasalahan agar tidak terlalu jauh berpolemik.

Dia menilai hadirnya petinggi DPR dalam prosesi kampanye calon presiden Amerika adalah peristiwa yang memalukan.

Hal ini digambarkan dengan sikap tubuh Donald Trump (DT) yang meletakkan tangan di pundak Setya Novanto seakan memposisikan Ketua DPR Indonesia sebagai mannequin (patung hiasan).

Hal ini jauh dari sikap DT yang semestinya menghormati Setya Novanto yang dia sendiri perkenalkan sebagai Ketua DPR (Speaker of the house).

“Itu bagi saya peristiwa yang sangat memalukan dalam skala internasional. Mereka tidak tahu etika pergaulan internasional. Oleh sebabnya, hal ini harus benar-benar di luruskan,” tegasnya. (inilah/data1)