MKD Rapat Bahas Setya Novanto dan Fadli Zon

Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan DPR Sarifuddin Sudding (foto: Istimewa)

JAKARTA, WOL – Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan DPR Sarifuddin Sudding mengatakan, pihaknya akan bersikap soal Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang menghadiri konferensi pers bakal calon presiden Amerika Serikat Donald Trump. Sikap akan ditentukan meski tak ada laporan ke MKD.

Apakah keduanya akan diproses di mahkamah, Sudding menuturkan, hal itu akan ditentukan pada rapat internal yang digelar siang ini. “Ada atau tidaknya laporan, MKD akan menentukan sikap. MKD jam 13.00 WIB akan rapat internal,” kata Sudding di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/9).

Politikus Partai Hanura ini mengatakan hingga kini pihaknya belum menerima laporan terkait dugaan pelanggaran kode etik pimpinan DPR tersebut. Namun jika memang ada laporan, MKD akan memproses setiap laporan yang diterima.

Suding melanjutkan, bila terbukti melakukan pelanggaran ringan, keduanya akan mendapat teguran. Untuk pelanggaran sedang, keduanya akan dihilangkan dari susunan kepemimpinan DPR. Jika terbukti melakukan pelanggaran berat, pemecatan menjadi sanksinya.

“Ada tiga kualifikasi sanksi. Tergantung dari keputusan MKD. Apakah nanti masuk dalam kualifikasi pelanggaran yang mana. Apakah ringan, sedang dan berat,” tukasnya.(metrotvnews/data2)

Advertisement