LKIF Peringati Malam InOMN

WOL Photo/chai
Iklan

LHOKSEMAWE, WOL – Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Lhokseumawe memperingati malam pengamatan bulan Internasional atau Internasional Observe The Moon Night (InOMN).

Pengamatan InOMN digelar bekerjasama dengan Astronom Amatir Aceh (Ha3) di Komplek terminal Labi – Labi Desa Keude Aceh, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, malam tadi.

Dari pantauan Waspada Online, kegiatan tersebut menarik perhatian warga yang tumpah ruah dilokasi untuk ikut antusias mengamati bulan dengan menggunakan dua unit teleskop, dan dipandu dua orang astronom yaitu Muazir (28) dari Ha3 serta T. Ismail MA (30) Pembina LKIF.

Menurut Muazir, kegiatan yang dibuka ini sekaligus bertujuan untuk ajang silaturahmi dan pengenalan alat teropong bulan kepada masyarakat Aceh, khususnya masyarakat Kota Lhokseumawe.

“Serta memperkenalkan bulan kepada masyarakat umum secara teori ilmiah. Dikarenakan hanya bulan satu – satunya benda langit yang dekat dengan bumi, sangat indah dan beragam,” ujarnya.

iklan

Sementara menurut Pembina LKIF STAIN Malikussaleh, T. Ismail MA, InOMN merupakan kegiatan tahunan yang digagas. Dan pernah dideklarasikan pertama kali pada tahun 2010 oleh para astronom amatir profesional di Amerika Serikat hingga akhirnya disambut baik baik astronom lainnya dan rutin diperingati  setiap tahunnya. (wol/chai/data1/data1)

Iklan