KPU Sumut Klarifikasi Pencetakan DPS Kota Medan

Ilustrasi

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara memanggil Komisioner KPU Medan untuk meminta klarifikasi atas temuan kesalahan dalam pengumuman Daftar Pemilih Sementara, Selasa (22/9).

Anggota KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan, pihaknya menerima laporan bahwa KPU Kota Medan hanya membuat dua rangkap pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang seharusnya dicetak tiga rangkap.

Jumlah rangkap pengumuman tersebut dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam memantau DPS yang telah dibuat KPU Kota Medan.

Namun di dalam klarifikasi tersebut, KPU Kota Medan menyatakan ada kesalahan teknis di lapangan dan akan menambah satu rangkap lagi pengumuman DPD itu.

“Mereka bilang akan menambah satu rangkap lagi, Ada ‘miskomunikasi’ di tingkat pelaksana teknis,” katanya.

Advertisement

Terkait kesalahan teknis ini, lanjut Benget, KPU Sumut belum memutuskan sanksi apa yang akan diberikkan kepada KPU Medan. Sebaliknya, pihaknya akan meminta laporan perkembangan tahapan Pilkada yang telah dan akan dijalankan KPU Kota Medan.

Anggota KPU Kota Medan Pandapotan Tamba mengatakan, ketika proses pencetakan lembaran pengumuman dilakukan, seluruh komisioner sedang mengikuti kegiatan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Kabupaten Simalungun.

Disebabkan masa pengumuman telah tiba, tetapi belum ada arahan dari komisioner, Sekretaris KPU Kota Medan Maskuri mengambil inisiatif untuk mencetak sendiri sebanyak dua rangkap.

“Setelah komisioner pulang, itu didiskusikan untuk mencetak tiga rangkap,” katanya.(wol/cza/data2)