Kementan Klaim El Nino Tak Pengaruhi Sumatera

Ilustrasi
Iklan

BLITAR, WOL – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan dampak el nino tak begitu terasa di daerah utara khatulistiwa seperti Kalimantan dan Sumatera. Namun, untuk daerah selatan khatulistiwa yang terkena dampak El Nino.

Untuk itu dirinya akan mengoptimalkan lahan sawah tersebut yang totalnya mencapai tiga juta hektare (ha). Ia mengatakan, untuk saat ini terdapat lahan sawah seluas satu juta ha di Kalimantan. Sedangkan luas lahan sawah di Sumatera mencapai dua juta ha.

“Berikutnya seperti Blitar, ini tiga kali tanam setahun jadi mau El Nino atau tidak El Nino tidak terpengaruh. Seperti Blitar ada 500 ribu ha di daerah Jawa, 500 ribu ha ini kita optimalkan. Jadi ada 3,5 juta ha yang kita optimalkan,” ujar Amran Sulaiman di Blitar, Jawa Timur, Selasa (29/9).

Menurut Amran, sudah banyak pihak yang turut membantu dalam mengatasi el nino tahun ini. Pihak tersebut antara lain pemerintah, Bupati, Danrem, dan petani, dan semua stakeholder. Bahkan dari hasil kerja keras ini, Indonesia berhasil mengendalikan impor beras.

“Penduduknya di 1998 sebanyak 200 juta orang, sekarang 250 juta orang. Ini artinya kebutuhan sekarang lebih besar tapi sampai saat ini belum ada impor. Kita lihat perkembangannya seperti apa. Mudah-mudahan akhir Oktober sudah turun hujan,” jelas dia. (hls/data1)

iklan
Iklan