Ditangkap Polisi, Koordinator Begal Menangis

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Seorang dari tiga tersangka begal, Rizal Sinaga (25) warga Tembung Pasar 9, Lau Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan  yang ditangkap personil unit Reskrim Polsek Medan Area berjanji akan tobat.

“Ampun pak, jangan penjarakan saya pak, saya akan taoat pak, tidak saya ulangi lagi,”pintanya kepada Kanit Reskrim Polsekta Medan saat akan ditahan, Minggu (6/9)

Rizal Sinaga kepada Waspada Online mengatakan, dirinya diringkus oleh pihak kepolisian karena terlibat aksi pencurian sepeda motor. “Aku ditangkap polisi karena menjadi kawanan begal bang,”bilangnya dengan tetesan air mata.

Diungkapkannya, dirinya terpaksa menjadi pelaku begal karena tidak memilki pekerjaan. Dimana pada enam bulan yang lalu dirinya di PHK oleh pihak perusahaan tempatnya bekerja yang dulu di Batam. “Dulunya aku bekerja di Batam karena di PHK aku kembali ke Kota Medan. Karena tidak memiliki pekerjaan makanya aku nekad menjadi pelaku begal bang,”ungkap pria pengganguran ini. Dari hasil begal, dia mengaku mendapat bagian Rp 2,6 juta.

Selain itu, Rizal menuturkan, dirinya juga sebagai pengguna narkoba. Dimana hasil dari kejahatan yang dilakukan dibelikan sabu-sabu  “setiap aku melakukan aksi begal dan berhasil mendaparkan upah sebesar Rp. 2,6 juta. Dimana uang tersebut aku belikan sabu-sabu,” tuturnya.

iklan

Ditambahkannya, dalam menjalankan aksinya selalu dibantu oleh rekannya. “Aku mainnya tidak sendirian bang, aku bantu oleh teman-temanku. Dimana aku sebagai koordinatornya,”terang Rizal sembari mengaku kapok setelah diamankan aparat kepolisian.

Sementara itu, Kapolsek Medan Area, T Rizal Moelana, melalui Kanit Reskrim, Iptu Sehat Tarigan mengatakan, penangkapan terhadap tersangka atas laporan korban Jhon Herman Jamili (32) warga Jalan Pipit VII Lama, Kecamatan Percut Sei Tuan, yang datang Sabtu (5/9) kemarin, ke Polsekta Medan Area.

Saat itu, korban sedang melintas dengan mengendarai sepeda motor Honda Vario tanpa plat melintas di Jalan Denai, Gg Amal, Kelurahan Tegal Sari, Mandala.

Namun, ketika melintas sepeda motor korban dimatikan oleh tersangka Rizal yang memutar kunci kontak korban secara tiba-tiba, yang kemudian langsung menendang korban hingga jatuh dan melarikan sepeda motor korban.

“Dari laporan tersebut, Polsek Medan Area berkoordinasi dengan Polsek Percut Sei Tuan berhasil mengamankan tersangka Rizal di kawasan Jalan Pipit, Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan,”kata Iptu Sehat Tarigan kepada wartawan saat memaparkan para kawanan begal di halaman Polsek Medan Area.

Dalam penangkapan petugas juga berhasil mengamankan dua rekan tersangka di kawasan Percut Sei Tuan. “Setelah kita berhasil menangkap Rizal, kemudian kita melakakukan pengembangan dan kembali kita amankan dua rekan tersangka di kawasan Percut Sei Tuan,”sebut Sehat Tarigan

Kanit Reskrim Polsek Medan Area ini menuturkan, saat ini ketiga pelaku begal sedagng dilakukan pemeriksaa. “Kita berhasil mengamankan tiga unit sepeda motor jenis matic Yamaha Vario dari tangan pelaku. Kini, ketiganya masih dalam pemeriksaan,”pungkasnya. (Lvz/data1)

Iklan