Tentara di Aceh Utara Hijaukan Mangrove

Istimewa
Iklan

LHOKSEUMAWE, WOL– Guna mewujudkan lingkungan hijau, Kodim 0103 Kabupaten Aceh Utara menanam pohon jenis mangrove di sekitar waduk di Desa Pusong Baro, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Minggu (16/8).

Komandan Kodim (Dandim) 0103, Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono mengatakan, bahwa penanaman tersebut dilakukan sebagai wujud menata kembali lingkungan hijau.

“Penanaman pohon jenis mangrove ini kita laksanakan sebagai wujud dalam menata kembali lingkungan hijau di daerah kita. Sehingga diharapkan dengan penanaman ini dapat membantu melestarikan lingkungan, dan menjadikan lingkungan asri,” katanya.

Masyarakat juga diharapkan untuk terus menggalakkan penghijauan dengan menanam pohon demi menjaga erosinya tanah.

“Ya kita harap masyarakat agar terus menggalakkan penghijauan ini agar kita dapat terus menjaga tanah dari erosi. Dalam hal ini saya juga terimakasih kepada seluruh instansi yang telah bekerja sama dalam penyelenggaraan penghijauan ini,” ucap Dandim.

iklan

Turut hadir dalam kegiatan itu diantaranya Sekdakota Lhokseumawe Drs Dasni Yuzar, Kepala Pengadilan Negeri Lhokseumawe Zulkifli, SH, MH, Danlanal yang diwakili oleh Danpos Rancong Letda Mar Yudi C, Kajari Lhokseumawe Mukhlis SH, Kadis Kelautan Perikanan dan Pertanian (DKPP) Drs. Rizal Binsar, dan anggota Kodim 0103 serta Lanal Lhokseumaw dan juga Satpol PP.

Perlu diketahui, mangrove atau yang lebih dikenal dengan sebutan bakau, adalah tanaman pepohonan atau komunitas tanaman yang hidup di antara laut dan daratan yang dipengaruhi oleh pasang surut.

Habitat mangrove seringkali ditemukan di tempat pertemuan antara muara sungai dan air laut yang kemudian menjadi pelindung daratan dari gelombang laut yang besar.

Ekosistem hutan mangrove memberikan banyak manfaat baik secara tidak langsung (non economic value) maupun secara langsung kepada kehidupan manusia (economic vallues). (chai/data2)

Iklan