Pengurus DPD HMKI Sumut Dilantik

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Ketua Umum DPP Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI), DR Ir Alexandr Barus MM MSc PhD, melantik dan menyerahkan Bendera Pataka HMKI secara langsung kepada Ketua DPD HMKI Wilayah Sumatera Utara, Ruben Tarigan, didampingi seluruh pengurus pada Festival Karo 2015 di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (29/8) malam.

Pelantikan ini disaksikan puluhan ribu masyarakat Sumut, khususnya Suku Karo  dan elemen masyarakat Kota Medan. Pelantikan juga berlangsung secara lancar dan hikmat.

Sebelum pelantikan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly SH MSc PhD didampingi Plt Gubernur Sumatera Utara, Ir HT Erry Nuradi MSi dan Bupati Karo, Terkelin Brahmana, Anggota DPD RI Parlindungan Purba serta bakal calon Wali Kota Medan, HT Dzulmi Eldin S MSi mengungkapkan apresiasi kepada masyarakat yang telah menggelar kegiatan kebudayaan seperti ini dan terus melestarikan warisan leluhur budaya Karo yang ada di Sumatera Utara.

“Saya sangat bangga masyarakat Karo masih peduli dengan kebudayaan yang begitu luas dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara yang terus menjunjung tinggi kebudayaan di Indonesia, salah satunya adalah kebudayaan Karo,” ungkapnya.

Dikatakan Menkumham, melalui momentum Festival Karo 2015 ini sekaligus pelantikan pengurus DPD HMKI Sumut, diharapkan seluruh pengurus nantinya bisa mengemban tugas dengan baik dan terus ikut mendorong masyarakat terus menjaga kebudayaan di Sumut yang beragam etnis dan suku.

iklan

“Saya harap acara seperti ini didukung pihak pemerintah setempat, agar dimasukkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan dianggarkan dananya dari APBD,” tegas Menkumham yang juga istrinya Suku Karo.

Pada event ini juga, Ketua DPP HMKI DR Ir Alexandr Barus MM MSc PhD juga mengungkapkan agar kegiatan ini harus dijadikan sebagai sebuah moment tahunan dan terus dijalankan. Sebab merupakan sebuah acara yang dapat memberikan dorongan kepada masyarakat, untuk terus berkarya, dan melestarikan kebudayaan di Sumatera Utara, khususnya kebudayaan Karo.

“Semoga dengan dilantiknya pengurus DPD HMKI Wilayah Sumatera Utara ini, nantinya bisa sama-sama dan menjadi wadah untuk masyarakat Karo. Marilah kita menjaga nilai budaya dan warisan Indonesia dan bukan hanya sebagai organisasi yang hanya sekejap mata namun tidak ada kinerja. Ini yang sangat saya harapkan dan saya yakin pengurus HMKI Sumut, nantinya bisa terus mendorong masyarakat untuk sama-sama menjaga kebudayaan Karo,” pungkas Barus.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan