OC Kaligis Laporkan KPK ke Bareskrim

OC Kaligis (Foto: Dok Okezone)
Agregasi
Agregasi

 

JAKARTA – Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Budi Waseso mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari tim kuasa hukum bersama anak pengacara senior OC Kaligis melaporkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka melaporkan KPK atas tuduhan penculikan dan penyalahgunaan wewenang atas penjemputan Kaligis untuk diperiksa sebagai saksi ‎kasus penyuapan hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan, Sumatera Utara.

“Sudah (terima laporannya), ini kan sedang dikaji. Kan sebagaimana yang saya sampaikan bahwa kita akan mengkaji, kalau sudah terpenuhi akan kita tindak lanjuti,” kata Budi Waseso di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (6/8/2015).

Mantan Kapolda Gorontalo yang akrab disapa Buwas itu menjelaskan bila pihaknya masih mengkaji apakah laporan itu dapat memenuhi dalam unsur tahapan penyelidikan maupun penyidikan.

Advertisement

“Laporannya soal penculikan dan penyalahan wewenang oleh KPK. Kalau nanti unsur terpenuhi kita akan tindak lanjuti, kita proses penyidikan,” tegas Buwas.

Buwas mengaku, pihak Kaligis juga telah menyertakan sejumlah bukti dalam laporannya tersebut, seperti rekaman dan beberapa kesaksian sejumlah orang. Namun Buwas tidak menjelaskan, apa isi rekaman yang dijadikan bukti pihak Kaligis tersebut.

“Sementara bukti laporannya ada hasil rekaman, dan keterangan beberapa kesaksian,” pungkas Buwas.

Plt Ketua KPK

Sebelumnya kuasa hukum tersangka OC Kaligis, Afrian Bondjol mengatakan, pihaknya terus mengupayakan perlindungan hukum untuk Kaligis.

Pihaknya mempertimbangkan untuk melaporkan soal penangkapan Kaligis oleh KPK ke Bareskrim Polri. Kepada wartawan di KPK, Kaligis mengaku merasa diculik oleh KPK, bukan ditangkap saat dirinya berada di Hotel Borobudur, Jakarta.

KPK membawa Kaligis setelah pengacara kawakan itu tidak menghadiri pemanggilan pemeriksaan terkait kasus suap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan, Sumatera Utara.