Ny LT Djamin Gintings Apresiasi Pelantikan DPD HMKI Sumut

Dari kiri ke kanan, Sekretaris Panitia Karo Festival 2015, Steven Tarigan Natanail Ginting, Wakil Ketua Panitia Hendra Gunawan Tarigan, SE, Ketua Panitia Setia Pandia, SH, Riahna Jamin Ginting Putri DJamin Gintings dan Tania Depari, Sedangkan di kursi Ny. LT Djamin Gintings, di Medan, Senin (31/8). WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Ny LT Djamin Gintings, mengapresiasi suksesnya Acara Festival Karo 2015 sekaligus pelantikan pengurus DPD Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Wilayah Sumatera Utara di Lapangan Merdeka, Medan.

“Saya merasa bangga acara Karo Festival dan Pelantikan DPD HMKI Sumut sukses besar dan dihadiri puluhan ribu penonton,” ujar Istri Alm Letnan Jenderal Djamin Gintings kepada Ketua DPD HMKI Sumut, Ruben Tarigan SE didampingi Ketua Panitia Setia Pandia SH, Hendra Tarigan di Medan, Senin (31/8).

Dijelaskan Ny LT Djamin Gintings, awalnya Pendirian HMKI Tahun 1995,  datang beberapa pemuda Karo dari Kabanjahe dan Medan ke rumahnya Jalan Sisingamaraja, Jakarta.

Mereka meminta untuk dibentuk Pusat Persatuan Pemuda Merga Silima, tetapi Ny Djamin Ginting menyarankan agar dibentuk saja satu wadah pemersatu orang Karo yaitu HMKI.

“Maka tanggal 28 Oktober 1995 di Hotel Century Park Jakarta kumpul 120 tokoh Karo sepakat membentuk HMKI dan Ketua Pertama, Guapa Malem Tarigan. Selanjutnya Raja Bana Purba, Putri Djamin Gintings Riemenda Jamin Gintings, Letjen Amir Sembiring dan sekarang DR. Ir. Alexander Barus, M.Sc, PhD,” jelas Ny LT Djamin Gintings.

iklan

Dalam pesannya kepada seluruh pengunjung Karo Festival dan Pelantikan  DPD HMKI Sumut, serta seluruh warga Karo yang ada di Sumut untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Seperti acara kemarin itu, bukti bahwa warga Sumut, khususnya warga Karo walau pun berbeda suku, etnis, agama dan golongan tetapi tetap bersatupadu  menyaksikan event nasional yang diselenggarakan HMKI Sumut,” ujar Ny LT Djamin Gintings.

Sementara itu, Ketua Panitia Karo Festival, Setia Pandia, SH, mengungkapkan puluhan ribu penonton  Karo Festival 2015, bukti kerinduan seluruh warga Karo di Sumut untuk bersatu.

“Dimana dalam sejarah sepengetahuan saya, bahwa Suku Karo baru kali ini buat acara di Lapangan Merdeka setelah di Tahun 1948, Panglima BB/I Bukit Barisan, Letjen Djamins Gintings, diarak orang Karo untuk diberangkatkan sekolah pimpinan ke Pakistan,” ungkap Setia Pandia.

Ketua DPD HMKI Sumut, Ruben Tarigan, SE juga menambahkan bahwa, ini bukti sejarah  Suku Karo ingin ada wadah pemersatu. HMKI jadi rumah bagi seluruh Komponen Karo. “Ny LT DJamin Gintings selaku pendiri HMKI, walau dilanjut usia masih mau berkontribusi bagi masyarakat Karo,” jelas Ruben Tarigan.

Warga Karo yang dikenal sebagai pejuang, kini memiliki tambahan satu Pahlawan Nasional yang diberikan oleh Presiden Jokowi 2014 lalu, maka wajar jika kiranya Pemprov Sumut dan Pemko Medan mendirikan Patung Pahlwan Nasional, Letjen DJamin Gintings di segitiga bawah Fly Over Jalan Jamin Gintings. “Ini permintaan warga Karo ke Pak Plt Gubernur Sumut dan Plt Wali Kota yang disampaikan melalui kami HMKI Sumut,” pungkas Ruben.

Seperti diketahui, puluhan ribu dan ratusan elemen masyarakat Sumatera Utara, memadati Lapangan Merdeka Medan, dalam acara Festival Karo 2015 sekaligus pelantikan pengurus DPD Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Wilayah Sumatera Utara, Sabtu, (29/8) malam.

Pantauan wartawan di lokasi, puluhan ribu dari berbagai elemen begitu antusias menyaksikan pergelaran budaya Karo seperti tari-tarian, nyayian serta penampilan artis Karo Juliana Br Tarigan, Luther Tarigan, Santa Hoky Br Ginting. Sementara Artis Ibukota Aura Kasih dan Trio Kucing.

Selanjutnya, Ketua Umum DPP Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI), DR Ir Alexandr Barus MM, MSc, PhD melantik dan menyerahkan Bendera Petaka HMKI secara langsung kepada Ketua DPD HMKI Wilayah Sumatera Utara, Ruben Tarigan didampingi seluruh pengurus.

Sebelum pelantikan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Hamonangan Laoly SH, MSc, Ph.D didampingi Plt Gubernur Sumatera Utara, Ir. H. Tengku Erry Nuradi M.Si dan Bupati Karo, Terkelin Brahmana, Anggota DPD RI, Parlindungan Purba serta bakal calon Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si  dalam kata sambutannya, mengungkapkan apresiasi kepada masyarakat Karo yang telah menggelar kegiatan kebudayaan seperti ini dan terus melestarikan warisan leluhur budaya Karo yang ada di Sumatera Utara.

“Saya sangat bangga masyarakat Karo masih peduli dengan kebudayaan yang begitu luas dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara yang terus menjujung tinggi kebudayaan di Indonesia salah satunya adalah kebudayaan Karo,” ungkapnya.

Dikatakan Menkumham, Melalui momentum Festival Karo 2015 ini, sekaligus pelantikan pengurus DPD HMKI wilayah Sumatera Utara, diharapkan seluruh pengurus nantinya bisa mengemban tugas dengan baik dan terus ikut mendorong masyarakat Karo dan Sumatera Utara untuk terus menjaga kebudayaan di Sumatera Utara yang beragam etnis dan suku.

“Saya harap acara seperti ini didukung pihak pemerintah setempat, agar dimasukkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan dianggarkan dananya dari APBD,” tegas Menkumham yang juga istrinya suku Karo.

Pada even ini juga, Ketua DPP HMKI DR Ir Alexandr Barus MM, MSc. PhD mengungkapkan agar kegiatan ini harus dijadikan sebagai sebuah momen tahunan dan terus dijalankan. Sebab merupakan sebuah acara yang dapat memberikan dorongan kepada masyarakat, untuk terus berkarya dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan di Sumatera Utara khususnya kebudayaan Karo.

“Semoga dengan dilantiknya pengurus DPD HMKI Wilayah Sumatera Utara ini, nantinya bisa sama-sama dan menjadi wadah untuk masyarakat Karo. Marilah kita menjaga nilai budaya dan warisan Indonesia dan bukan hanya sebagai organisasi yang hanya sekejab mata namun tidak ada kinerja. Ini yang sangat saya harapkan dan saya yakin pengurus HMKI Sumut, nantinya bisa terus mendorong masyarakat untuk sama-sama menjaga kebudayaan Karo,” pungkas Alexandr Barus.(wol/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan