KPK: Berkas OC Kaligis Segera ke Penuntutan

viva.id

JAKARTA, WOL – Pelaksana Tugas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengaku, pihaknya segera melimpahkan berkas penyidikan tersangka OC Kaligis ke Pengadilan Tipikor Jakarta.

“Kemungkinan dalam waktu dekat kami tingkatkan ke penuntutan,” kata Johan Budi di Jakarta, Selasa (4/8).

Namun, Johan belum bisa memastikan kapan pihaknya akan melimpahkan berkas OC Kaligis ke tahap penuntutan. “Kalau enggak pekan depan, pekan depannya lagi,” ujar Johan.

Dalam kesempatan ini, Johan mengatakan terkait penolakan Kaligis untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka atau saksi, pihaknya tidak mempermasalahkan. Sebab, proses penyidikan yang dilakukan tidak selalu bergantung pada pemeriksaan tersangka.

“Kalau akan menyulitkan, enggak. Karena kami menyidik kasus enggak berbasis keterangan tersangka. Justru menurut saya yang rugi OCK (OC Kaligis) karna dia enggak jawab tuduhan kami,” papar Johan.

Advertisement

Diketahui, KPK telah resmi menetapkan OC Kaligis sebagai tersangka kasus dugaan pemberian dan penerimaan hadiah kepada hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.

Penetapan Kaligis sebagai tersangka adalah pengembangan dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK beberpa waktu lalu. Dalam OTT itu KPK mengamankan lima orang yang kemudian dijadikan tersangka.

Lima orang itu adalah Ketua PTUN Medan, Tripeni Irianto Putro, dua orang koleganya hakim Amir Fauzi dan hakim Dermawan Ginting, Panitera Sekretaris PTUN Medan, Syamsir Yusfan, serta seorang advokat yang bekerja di Kantor Kaligis & Associates M. Yagari Bhastara alias Geri.

Kaligis disangka dengan pasal 6 ayat 1 huruf a dan pasal 5 ayat 1 huruf a atau b, pasal 13 UU 20 Tahun 2001 juncto pasal 64 ayat 1 juncto pasal 55 ayat 1 KUHP.

Penyidik juga menjadikan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istri mudanya, Evi Susanti, sebagai tersangka. Keduanya dinilai turut serta dalam penyuapan kepada Hakim PTUN Medan. (inilah)