KontraS Nilai Luhut Cocok Jabat Menko Polhukam

ISTIMEWA
Iklan

JAKARTA, WOL – Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar mengapresiasi penunjukkan Luhut Binsar Panjaitan menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Dia menaruh harapan besar terhadap bekas Kodiklat TNI Angkatan Darat ini.

“Saya pikir ini salah satu kecerdasan Presiden Joko Widodo di tengah begitu banyak kritik dan keraguan terhadapnya. Saya pikir itu prestasi dia mengganti Tedjo, sudah tepat sekali,” kata Haris di kantor KontraS, Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/8).

Dengan pengalaman yang dimiliki Luhut, KontraS juga percaya jika situasi dan kondisi politik, hukum, dan keamanan akan jadi lebih baik. Sosok yang menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno juga dinilai sebagai sosok yang terbuka dengan masukan.

“Kalau lihat dari kapasitasnya Luhut punya kemampuan komunikasi politik yang baik, punya akses jaringan baik. Dia bisa komunikasi dengan TNI dan Polri,” papar Haris.

“Saya pikir dia sosok yang tepat berada di posisi Menkopolhukam. Artinya bukan orang yang segmented, dia bisa membuka diri. Dia juga bisa terima gagasan tentang demokrasi, HAM, dan penegakan hukum,” sambungnya.

iklan

Kendati begitu, Haris tetap menilai jika Kepala Staf Kepresidenan itu juga perlu dikritisi, diawasi dan dikawal. Hal ini agar Luhut tidak mengulang, meneruskan, dan bisa memperbaiki kesalahan Menkopolhukam sebelumnya.

Terakhir, Haris juga berharap Luhut bisa merangkul korban pelanggaran HAM. “Saya bukan optimistis atau pesimistis, tapi berharap Pak Luhut bisa lebih bersahabat dengan orang korban pelanggaran HAM,” kata Haris.(metrotvnews/data1)

Iklan