Jokowi Minta Menteri Terkait Antisipasi El Nino

Istimewa
Iklan

JAKARTA, WOL – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8) sore, memimpin rapat terbatas (ratas) yang membahas mengenai dampak El Nino.

“Seperti yang saya sampaikan minggu lalu, dampak ini harus diantisipasi, baik di bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan. Yang paling penting, masalah yang terkait dengan sawah, ladang yang kemungkinan gagal panen akibat kekeringan,” kata Presiden Jokowi seraya meminta laporan dari Menteri Pertanian mengenai sawah, ladang yang kira-kira gagal panen akibat kekeringan.

Menurut Presiden Jokowi, dari kunjungannya minggu lalu ke Jawa Timur, dilaporkan oleh gubernur bahwa dampak El Nino ini tidak ada.

“Mereka menyampaikan dapat dikatakan sangat kecil sekali, karena sebentar lagi mereka juga akan memasuki pada bulan-bulan September yang juga nantinya cukup besar,” terang Jokowi.

Sementara pada saat kunjungannya ke Sulawesi Selatan, menurut Presiden Jokowi, juga disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan bahwa produksi beras di sana juga tidak ada masalah, karena sebentar lagi, bulan September yang akan datang juga akan ada panen raya yang cukup besar.

iklan

“Inilah di lapangan yang saya tahu, tetapi mungkin di daerah-daerah yang lain Menteri Pertanian bisa menyampaikan,” kata Presiden Jokowi.

Hadir dalam rapat terbatas itu antara lain Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Maritim Indroyono Soesilo, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Seskab Andi Widjajanto, Menkeu Bambang Brodjonegoro, Kepala Staf Presiden Luhur B. Pandjaitan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri BUMN Rini Soemarno, Mendag Rahmat Gobel, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(hls/data1)

Iklan