HUT RI, 342 Napi Sumut Dibebaskan

WOL Photo/Rio azhari

MEDAN, WOL – Sejumlah 342 narapidana yang berada di Lapas Tanjung Gusta mendapat remisi bebas dalam perayaan kemerdekaan HUT RI ke -70 oleh Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara.

“Sejumlah 342 narapidana yang langsung dapat remisi bebas, 7604 narapidana mendapat remisi pengurangan masa hukuman 1-6 bulan,”ucap Kakanwil Kemenkumham Sumut, Ajub Suratman, kepada wartawan, Senin (17/8).

Ajub Suratman menyebutkan, narapidana juga mendapatkan remisi Dasawarsa yakni remisi yang diberikan setiap 10 tahun sekali.

“Untuk tahun ini narapidana juga mendapatkan remisi Dasawarsa, yakni sebanyak 7578 narapidana. Yang besarnya pengurangan masa hukuman itu 1/12 dari masa hukuman, sekitar 1-3 bulan,” sebutnya.

Dalam pemberian remisi bebas bagi narapidan juga dihadiri Plt Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi yang mengatakan, kalau pemberian remisi ini diharapkan untuk memberikan kesadaran bagi narapidana untuk berbuat lebih baik kedepannya.

Advertisement

“Kita harapkan pemberian remisi ini diharapkan kedepannya memberikan kesadaran bagi narapidana untuk berbuat lebih baik dan berperan aktif kepada negara dan juga lingkungan sekitar tempat tinggalnya kelak. Serta kepada narapidana jika belum dapat, bersabar dan memperbaiki diri sehingga kedepannya memperoleh hal yang sama,” imbaunya.

Disinggung mengenai kondisi Lapas Tanjung Gusta Klas I Medan dan Rutan Tanjung Gusta Klas I Medan, yang sudah kelebihan muatan, mantan Bupati Serdang Bedagai ini mengungkapkan, pemerintah sudah memiliki plan (rencana, red) untuk perluasan lahan.

“Kita sudah merencanakan perluasan lahan untuk LP Narkoba. Dan untuk lahannya itu kita sudah mencari lahan di Kabupeten Tanah Karo,” ungkap Tengku Erry Nuradi.

Sambung Erry, Pemprovsu juga telah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi, untuk melakukan upaya rehab bagi para pengguna narkoba.

“Kita juga sudah bekerja sama dengan BNN provinsi, untuk upaya rehab kepada pengguna narkoba. Untuk mengurangi overload ini. Dan BNN juga sudah memiliki tempat rehab serta program pemerintah menetapkan 100 ribu untuk direhab di Sumut,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN