Amin Rais: Pemerintah Jokowi Tak Jelas Mau Kemana

Istimewa
Iklan

JAKARTA , WOL – Mantan Ketua MPR Amien Rais kembali mengritik keras Presiden Joko Widodo ( Jokowi). Menurutnya, cara kerja Jokowi sebagai presiden masih kurang cepat dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

“Yang jelas pemerintah Jokowi masih minimal. Memang kondisi global tidak cukup mendukung tapi memang dari sendiri kita tidak jelas kita mau ke mana,” kata Amien Rais di Kampus Unismuh Makassar, Rabu (5/8) malam.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah ini menjelaskan, sekarang ini ada himpitan fiskal dan moneter. Tidak hanya secara ekonomi, citra politik juga terlihat tidak solid.

“Ada perpecahan di mana-mana, kemudian Pak Jokowi belum menunjukkan kepemimpinannya. Dari dalam mungkin disodok terus-terusan, kemudian keluar juga tidak cukup untuk merangkul,” ujarnya.

Menurut Amien, kondisi seperti ini membuat ketidakpastian dan menjadi terombang-ambing. Amien mencontohkan soal rencana reshuffle. Sejak isu itu meletup sebelum Lebaran kenyataannya sampai sekarang tidak ada kepastian.

iklan

“Menimbulkan spekulasi enggak habis-habis dan itu merugikan, melelahkan. Sebetulnya jika Pak Jokowi mengatakan tidak ada reshuffle, ya sudah,” katanya.

Amien juga menyoroti soal langkah politik pemerintah yang terus melemahkan kekuatan Koalisi Merah Putih (KMP). “Sekarang ini dia harus keluar cara berpikir, hal sepele, bagaimana KIH, bagaimana KMP, bagaimana KMP dilemahkan agar tak menjadi oposisi dan saya kira ini luar biasa kelirunya,” tegasnya.( merdeka/data1)

Iklan